Monday, August 13, 2012

Gurame Saus Padang di Sisi Danau


Bondan Winarno - detikFood Jagorawi - Lalu lintas yang sangat sering macet di Jakarta membuat banyak orang terlambat berbuka puasa. Bila Anda sedang mengarah ke Bogor dan mengalami hal tersebut, ada satu tempat yang dapat saya sarankan untuk berbuka puasa. Keluar di pintu exit km 14.

Selain Cibubur Junction yang terletak di seberang jalan, di SPBU Terpadu Cibubur juga tersedia cukup banyak pilihan. Mulai dari McDonald's, Pizza Hut, Korean House, Dermaga Dim Sum, Kampoeng Air (masakan Aceh: mi Aceh, martabak Aceh, roti jala dan kari, dll), dan beberapa lagi.

Favorit saya di pitstop ini adalah Telaga Seafood Restaurant. Tempatnya tepat di sisi Danau Cibubur, sehingga kita bisa menunggu makanan yang dipesan sambil ngadem menikmati senja di tepi danau yang asri.

Sajian populer yang banyak dipesan di sini adalah gurame saus padang. Unik! Soalnya gurame adalah justru ikan air tawar - bukan dari laut. Mungkin justru karena harganya yang memadai. Bayangkan, seekor gurame goreng yang diguyur saus padang ini harganya hanya Rp 50.000. Dapat disantap bersama empat orang. Bandingkan, misalnya, dengan paket burger + kentang goreng + minuman yang berharga sama.

Saus padang-nya "hanya" merah, tetapi tidak seberapa pedas. Ini juga yang membuatnya disukai segala usia. Gurih, lezat. Top markotop! Tinggal pesan satu porsi sayur dan nasi putih, kita sudah siap berbuka puasa dengan teman-teman atau keluarga.

Sajian populer Telaga lainnya adalah kepiting. Lagi-lagi, faktor harga membuat masakan kepiting di sini populer. Pertama, karena kita tidak repot memilih kepiting yang sebesar apa. Pokoknya, dengan harga antara Rp 50-75 ribu, kita akan mendapat satu porsi kepiting dengan berbagai cara saji, misalnya: rebus, bakar, pecak, goreng mentega, saus tiram, saus padang, lada hitam, atau bumbu telur asin. Ada juga kepiting soka yang ditawarkan dengan harga antara Rp 40-45 ribu per porsi.

Ikan laut yang tersedia di sini adalah kerapu. Dapat disajikan dengan berbagai cara masak, misalnya: kukus, goreng, bakar, asam manis, pecak, saus padang, atau saus tausi. Gurame juga dimasak dengan cara-cara yang sama.

Yang termurah adalah cumi-cumi, dengan harga Rp 7,5-9 ribu per 100 gram, tergantung cara masak: goreng, bakar, atau asam manis. Juga ada berbagai masakan udang yang patut dicoba. Favorit saya adalah udang peci goreng gandum (Rp 37.500 per 100 gram). Boleh juga dipesan udang galah cah cabe pete (Rp 18 ribu per 100 gram).

Telaga juga punya dua resto lain, yaitu di Tangerang (021-5529959), dan di BSD City (021-5384809). Selamat berbuka puasa! (Bondan Winarno)

Telaga Seafood Restaurant

Samping SPBU Terpabu Cibubur

Jagorawi arah Bogor km 14

Telp: 021-8442299

(dev/gst) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment