Wednesday, August 22, 2012

Korea Selatan Dilanda Trend Coffee Shop


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Seperti halnya di Amerika dan Jepang, Korea juga kini menjadi wilayah dengan jumlah gerai Starbucks terbanyak. Saking populernya, kini jarak antar gerai kopi tak lebih dari puluhan meter saja. Meski begitu, tetap saja banyak orang yang merasa kesulitan menemukan tempat duduk di gerai kopi tersebut!

Trend menghabiskan waktu di gerai kopi memang makin meluas di Korea Selatan. Kini, ada begitu banyak gerai kopi yang terdapat di sana. Mulai dari merk lokal hingga internasional, hampir semuanya tak pernah sepi pengunjung. Faktor kenyamanan serta lokasi yang strategis dan mudah dijangkau menjadi alasannya.

Meskipun kopi menjadi minuman mewah yang harganya tak murah, namun pasar penikmat kopi di Korea terus meningkat tajam. Jumlah gerai kopi juga meningkat hingga 10 kali lipat dari tahun 2006 hingga 2011 hingga ke angka 12.381 gerai. Pada tahun 2011, rata-rata orang dewasa di Korea Selatan minum sekitar 338 cangkir kopi, dan impor kopi meningkat 44 persen hingga mencapai jumlah 130.000 ton.

Disebut-sebut, salah satu yang melatar belakangi hal tersebut adalah masuknya Starbucks di tahun 1999. Tanpa Starbucks, tidak mungkin ada trend kopi di sini. Starbucks adalah simbol budaya Amerika dan meningkat popularitasnya seiring banyak pemuda Korea yang mengaguminya, kata Lee Taek-Gwang, pakar kebudataan dari Kyung-hee University di Seoul.

Dalam 5 tahun ini, jumlah gerai Starbucks di Korea Selatan sudah mencapai 367 gerai, yang akan meningkat ke angka 700 gerai di tahun 2016 mendatang. Jumlah tersebut masih ditambah dengan banyaknya gerai kopi lokal yang juga makin bertambah jumlahnya.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment