Sunday, September 2, 2012

Apakah Benar Frozen Yogurt Itu Camilan Sehat?


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Kehadiran frozen yogurt disambut hangat oleh orang-orang yang sedang berdiet. Kini, mereka dapat menikmati yogurt yang sehat dalam wujud seperti es krim dan dengan rasa yang lebih enak. Siapa sangka kandungan gulanya lebih tinggi dari es krim dan donat?

Gerai frozen yogurt sudah menjamur di mal. Camilan dingin ini dijual dalam berbagai varian rasa dan topping. Di lidah, teksturnya lembut, nikmat, dan sedikit asam. Banyak yang menyukainya karena frozen yogurt diklaim rendah kalori dan baik untuk pencernaan. Dengan kata lain, frozen yogurt merupakan alternatif es krim bagi orang-orang yang peduli akan kesehatan namun tetap ingin ngemil enak.

Sayangnya, camilan ini tidak sesehat yang dikira. Data yang disusun Daily Mail mengungkapkan bahwa kandungan gula frozen yogurt lebih tinggi daripada es krim McFlurry McDonald's, donat Original Glazed Krispy Kreme, dan es krim Original Chocolate Frosty Wendy's!

Lima merk dan varian frozen yogurt yang diteliti Daily Mail mengandung 23-33 gram gula per 100 gram frozen yogurt. Angka ini lebih tinggi daripada McFlurry (22 gram), donat Krispy Kreme (19 gram), dan Frosty (19 gram).

Menurut para ahli, frozen yogurt memang lebih rendah kalori dan lemak dibanding es krim. Namun, tambahan gula digunakan agar frozen yogurt yang asam dan beraroma seperti susu basi terasa lebih enak.

"Ada dua hal yang membuat makanan terasa nikmat, yakni lemak dan gula. Jika makanan tersebut dikatakan bebas lemak namun terasa lezat, kemungkinan di dalamnya banyak terkandung gula. Kalau rendah lemak dan gula namun tetap enak, bisa jadi makanan tersebut terbuat dari bahan yang tidak alami," jelas Lana Masor, ahli gizi asal Amerika Serikat, kepada Refinery 29.

Ahli gizi lain menambahkan fakta kalori yang terdapat pada seporsi frozen yogurt. Menurut Stephanie Middleberg, pendiri Middleberg Nutritionist di New York, Amerika Serikat, camilan yang terlihat sehat bisa jadi tinggi kalori. Per medium cup frozen yogurt Pinkberry mengandung 253 kalori dan 46 gram gula. "Sama saja dengan satu sekop es krim full fat," ujarnya.

Selain itu, klaim kalori pada frozen yogurt atau es krim rendah lemak sering menipu. Belum lama ini terungkap bahwa angka kalori yang tertera di label bisa jadi lebih rendah 68% dari jumlah sebenarnya. Merk Arctic Zero dengan rasa chocolate peanut butter dikatakan mengandung 150 kalori per pint, padahal sebenarnya 250 kalori. Untuk varian vanilla maple, kalori aslinya lebih tinggi 46% dibanding yang tertulis di label.

Frozen yogurt bisa dijadikan selingan menyenangkan bagi yang sedang berdiet. Namun, batasi konsumsinya. Pilih topping buah-buahan yang manis alami daripada topping yang lebih tinggi kalori seperti chocolate chip atau moci.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment