Tuesday, September 18, 2012

Asyiknya Ngudap Es Sekoteng dan Siomay di Bawah Pohon


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Jalan-jalan sore paling enak sambil jajan. Kalau tak mau jajan gorengan bisa mampir ke tukang siomay dan es sekoteng di sini Hmm... Keduanya pas jadi pengobat lapar dan dahaga sebelum waktu makan malam tiba. Enak dinikmati sambil tertiup angin sepoi!

Meski berasal dari Bandung, es sekoteng bukanlah monopoli ibukota provinsi Jawa Barat tersebut. Di Bogor, makanan ini juga cukup dikenal luas. Salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi adalah es sekoteng Bogor Permai.

Es sekoteng ini terletak di pertigaan Jl. Sawo Jajar, tak jauh dari Bakery & Restaurant 'Bogor Permai'. Pertama kali mampir ke sini, mungkin Anda akan bingung mencarinya. Pasalnya, kiosnya tertutup di balik gerobak-gerobak jajanan lain. Kalau diperhatikan dengan seksama, barulah terlihat tulisan 'Es Sekoteng'.

Tempatnya sederhana, hanya sebuah gerobak kaca besar tanpa roda yang membatasi 'dapur' dan area makan pengunjung. Area makannya terdiri dari meja dan bangku kayu panjang. Jika dilihat, tempat ini seperti food court pinggir jalan, di mana pedagang makanan seperti soto, nasi timbel, dan sop buah berkumpul, sementara pelanggannya berbaur di area makan bersama.

Langsung saja saya pesan es sekoteng (Rp 9.000) kepada penjualnya yang tengah sibuk membungkus pesanan orang lain. Iapun menyiapkan beberapa mangkuk es sekoteng, memasukkan es serut, biji delima, kelapa muda, dan alpukat, lalu menyiraminya dengan sesendok sup susu kental manis. Es sekoteng siap disantap.

Mangkuknya tidak terlalu besar, sehingga porsinyapun tak banyak. Pas untuk disantap sendiri. Biji delimanya yang berbentuk kotak-kotak dengan warna merah terang dituangkan secara royal. Teksturnya yang kenyal lembut berpadu dengan daging kelapa sedang dan daging alpukat yang lembek. Kuahnya manis dan dingin. Slurp!

Sambil menikmati es sekoteng, saya memerhatikan sekitar. Wah, banyak yang memesan siomay. Saya jadi tergiur dan ikut memesan juga. Sayangnya waktu itu tinggal siomaynya saja, tidak ada tahu, pare, kentang, kol, maupun telur rebus.

Lima buah siomay (Rp 15.000) dipotong-potong dan diletakkan terpisah dengan bumbu kacangnya yang dituangi kecap. Kuah kacangnya berwarna cokelat terang dengan sedikit genangan minyak berwarna kemerahan. Hmm... tak sabar ingin mencicipinya!

Garpu ditusukkan ke siomay, dicocolkan ke sambal kacang, lalu masuk ke mulut. Wah, siomaynya empuk dengan kenyal yang pas! Daging ikannya juga terasa kuat. Makin nikmat berpadu dengan bumbu kacang yang gurih kental. Untuk cemilan sore, seporsi siomay ini cocok untuk berdua.

Harga es sekoteng dan siomaynya memang agak mahal untuk ukuran jajanan pinggir jalan. Namun, rasanya yang lumayan enak patut dicoba. Kalau belum kenyang, masih banyak jajanan lain di sekitarnya. Nikmati sambil berteduh di bawah pohon besar yang ada di sampingnya.

Es Sekoteng Bogor Permai

Jl. Sudirman No. 23 (dekat Bogor Permai dan Yogya Bogor Junction, pertigaan Jl. Sawo Jajar)

Bogor, Jawa Barat

Telepon: 087870566997, 0811113054

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment