Tuesday, September 18, 2012

Bimbimbab Jumbo Meriahkan K-Food Festival


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Kedutaan besar Korea kembali mengadakan K-Food Festival untuk mempromosikan hidangan Korea kepada masyarakat Indonesia. Selain diadakan acara memasak masakan Korea juga akan diadakan lomba membuat masakan Korea.

Seperti tahun lalu, Korean Food Festival ini juga dimeriahkan dengan pembuatan Bimbimbap jumbo. Pembuatannya dilakukan dengan 40 mahasiswa Sekolah Tinggi Pelita Harapan, Chef Adiguna Tumpuan selaku Korean Emabassy Chef, dan Chef Ragil dari program Makan Besar Trans7.

Senin kemarin (17/9/2012) bertempat di Plaza Gedung D, Universitas Pelita Harapan, Karawaci acara pembuatan hidangan khas Korea ini dilaksanakan. Bahannya yang terdiri dari nasi, daging tumis, wortel, sawi putih, jamur dan bahan lainnya, masing-masing seberat 40 kg. Bimbimbap jumbo ini di tempatkan di mangkuk berbahan kayu dengan diameter 2 meter dan tinggi 75 cm. Untuk mengaduknya menggunakan sendok kayu jumbo berbentuk dayung.

Bimbimbap merupakan nasi campur khas Korea dengan nasi dan diatasnya disusun dengan berbagai macam sayuran dan daging. Secara tradisonal hidangan ini disajikan bersama saus Gochujang (saus sambal khas Korea) dan minyak wijen. Biasanya diracik di dalam mangkuk batu yang sudah dipanaskan. Untuk menyantapnya, semua bahan dicampur menjadi satu terlebih dahulu.

Untuk menu bimbimbap jumbo, Chef Adiguna melakukan sedikit modifikasi supaya pas dengan lidah orang Indonesia. Tidak ada resep khusus untuk bimbimbap jadi sayurnya bisa dikreasikan, saya pakai sayur-sayuran dari Indonesia tapi masih mempertahankan cita rasa Korea.

Topping Bimbimbap jumbo ini dibuat dengan berbagai warna supaya menarik. Terdapat labu siam, serutan wortel, bayam, lobak diwarnai merah, jamur, telor dadar, dan daging giling. Bahan-bahan ini diaduk bersama sau Gochujang dan disajikan kepada penonton. Acara pengadukan bimbimbap dilakukan oleh Jonathan L. Parapak selaku Rektor UPH, Kim Young Sun selaku Duta Besar Korea, dan perwakilan kedutaan besar Korea.

Rangkaian acara K-Food Festival ini terdiri dari, Explore Bimbimbap yang ditayangkan program makan besar di Trans 7 dan Enjoy K-Food tanggal 6 Oktober 2012 dengan menu Samgetyang dan Topokki. Lomba Excite K-Food pun akan digelar tanggal 6 Oktober di Mall Taman Anggrek dengan menu Japchae dan Dak Meunjim.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment