Wednesday, September 12, 2012

Clink Cymru, Resto Fine Dining di Penjara dengan Staf Napi


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Saat bersantap di restoran ini, rasanya tak ada yang aneh. Interiornya, makanannya, pelayanannya, terlihat sama saja seperti di restoran fine dining. Namun, siapa sangka seluruh stafnya adalah narapidana?

Clink Cymru terletak di depan penjara Her Majesty's Prison (HMP) Service Cardiff di Wales. Di sini, seluruh stafnya adalah narapidana kategori D, yakni pria dewasa yang berisiko rendah dan dianggap tidak akan melarikan diri. Mereka sedang menjalani 6-18 bulan terakhir di penjara.

Layaknya restoran fine dining, menu-menu mewah mulai dari appetizer hingga dessert disajikan di Clink Cymru. Sebut saja spinach & ricotta ravioli with sage butter sauce, creamy chestnut risotto with deep fried leeks served with seasonal salad, serta pear & chocolate tart with crme frch or cream. Meski demikian, restoran berkapasitas 96 orang ini tidak menyajikan minuman beralkohol.

Menu ini merupakan kreasi kepala chef Alberto Crisci yang dulu bekerja di Mirabelle, restoran milik Marco Pierre White, di Mayfair, London. Pelanggan dapat mencicipi masakannya dengan membayar 4 poundsterling (Rp 77.000) untuk appetizer atau dessert dan 12 poundsterling (Rp 185.000) untuk menu utama. Sayang, Anda dilarang memotret makanan maupun suasana restoran. Wartawanpun harus mengajukan proposal pengambilan gambar sebelum berkunjung.

Bahan-bahan yang digunakan di Clink Cymru dikirim dari HMP Prescoed di Wales Selatan. Napi di sana dilatih untuk menanam, merawat, dan memanen sayuran, buah, dan herba, serta memelihara hewan ternak dan unggas. Bahkan, mereka juga beternak lebah madu. HMP Prescoedpun bekerjasama dengan petani dan nelayan lokal untuk memperoleh makanan laut, keju, dan roti. Tujuannya adalah untuk mempromosikan bahan-bahan pangan dari Wales ke seluruh Inggris.

Bagaimanapun juga, hanya napi terpilih yang dapat bekerja di sini. Tahanan dengan kasus seksual dilarang menjadi karyawan. Mereka juga harus bebas dari masalah alkohol, narkoba, atau sifat temperamen. Untuk menjaga keamanan, restoran dipasangi CCTV.

Totalnya ada 30 napi yang bertugas sebagai pelayan, koki, hingga staf kebersihan. Mereka bekerja full time dan kembali ke sel masing-masing setelah restoran tutup. Upahnya 14 poundsterling (Rp 215.000) untuk waktu kerja 40 jam seminggu. Pembayaran gaji karyawan dan biaya operasional restoran didapat dari penjualan serta donasi.

Para napi dilatih untuk mendapat kualifikasi City & Guilds NVQ yang telah diakui secara nasional. Setelah bebas dari penjara, lembaga The Clink Charity akan membantu mereka mencari pekerjaan bergaji layak di industri perhotelan dan katering di Wales.

Restoran ini meniru konsep The Clink Restaurant di HMP High Down Inggris yang juga dikelola The Clink Charity. Seluruh detil restorannya mulai dari pencetakan menu, pembuatan dan pencucian seragam, hingga pembuatan furnitur kayu dikerjakan oleh napi di Wales. Clink Cymru berharap dapat menjadi contoh baik proyek amal yang bertujuan menekan angka residivis di seluruh Wales.

"Tidak ada kompromi soal makanan dan layanan berkualitas. Sebagai restoran, kami ingin berdiri sendiri. Kami tidak ingin dilihat sebagai pesaing restoran lain, melainkan sebagai agen perekrutan. Kami ingin nantinya napi mendapat pekerjaan di perusahaan berkualitas, membangun kebanggaan dan motivasi, serta dapat menafkahi diri sendiri dan keluarga," ujar Crisci, seperti dikutip dari Wales Online. Clink Cymru akan dibuka untuk umum pada 19 September 2012 dan akan beroperasi saat sarapan dan santap siang.

Berdasarkan berita yang dilansir NY Daily News, sebelumnya sudah ada restoran yang mempekerjakan napi. Fortezza Medicea di Italia yang dibuka pada 2006 merupakan sebuah restoran dengan tingkat keamanan tinggi. Berbeda dengan Clink Cymru, staf di sini merupakan napi kelas kakap yang pernah melakukan pembunuhan, pencurian, bahkan pemafiaan.

Untuk mencoba sajian a la Italia selatan di restoran ini, Anda harus mengirimkan background check (semacam Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dan menerima security clearance (akses terhadap informasi sensitif). Saking populernya, Anda harus mem-booking seminggu sebelumnya untuk masuk ke Fortezza Medicea yang terletak di sebuah gedung berusia 500 tahun ini.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment