Thursday, September 6, 2012

Dingin Manis Es Sekoteng dari Bandung


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Saat melihat namanya, nalar kita tergelitik. Sekoteng, minuman hangat yang berbahan jahe, kok jadi es? Namun, minuman ini bukanlah sekoteng biasa yang diberi es batu, melainkan minuman dingin mirip es campur. Slurp!

Sekoteng merupakan minuman dari Jawa Tengah yang terdiri dari air jahe dan isian berupa kacang hijau, kacang tanah, biji delima, serta potongan roti. Terkadang air jahenya diberi rempah seperti adas atau serai agar lebih beraroma. Isiannya juga dapat ditambahkan kolang-kaling dan susu kental manis.

Minuman ini disajikan hangat dalam mangkuk porselen kecil. Karena mengandung jahe, sekoteng paling nikmat disantap di malam hari, saat hujan turun, atau ketika udara dingin. Penjual sekoteng biasa berkeliling dengan gerobak dorong atau pikul.

Rupanya warga Bandung dan Bogor mengenal sekoteng dalam bentuk berbeda. Wujudnya mirip es campur dan disajikan dingin dalam mangkuk plastik, keramik, atau beling bertangkai. Sekilas isiannya mirip sekoteng karena banyak menggunakan biji delima.

Bedanya, es sekoteng tidak menggunakan air jahe, melainkan air gula dan siraman susu kental manis. Selain biji delima, isinya terdiri dari alpukat, kelapa muda, dan kolang-kaling. Minuman ini biasa dijual di gerobak berkaca atau di warung yang khusus menjual es sekoteng.

Berkebalikan dengan sekoteng, es sekoteng ini justru paling nikmat disantap saat cuaca panas. Sambil mengunyah isiannya yang lembut atau kenyal, seruput kuahnya yang manis dingin. Wah nikmatnya!

Ada beberapa penjual sekoteng yang terkenal enak rasanya. Oyen dari Bandung, misalnya, juga membuka cabang di Jakarta. Untuk Anda yang berdomisili di Bogor, coba mampir ke es sekoteng Bogor Permai. Di Bandung juga ada es sekoteng bungsu di Jl. Veteran. Selamat mencicipi es sekoteng!

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment