Tuesday, September 4, 2012

Inilah Gulai Ayam Paling Lamak di Jakarta!


Rekomendasi Redaksi

Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Gulai ayam merupakan salah satu menu yang tak pernah absen di rumah makan Padang. Siapa yang tak suka menyantap dada atau paha ayam yang diberi kuah santan pedas? Saking nikmatnya, terkadang kita sampai menjilat-jilat jari tangan menelusuri sisa bumbunya. Lamaknyo!

Sajian ayam a la Minangkabau ini merupakan menu populer. Daging ayam kampung atau ayam jantan bagian paha atau dada disiram dengan kuah santan kental berwarna oranye yang dimasak dengan aneka rempah. Terkadang kuahnya berwarna kemerahan dan berminyak karena mengandung cabai giling. Paling nikmat jika kuahnya dituangkan ke atas nasi hangat.

Bisa dipastikan semua restoran Padang menyajikan hidangan ini. Di Jakarta, rumah makan Sederhana, Sederhana Bintaro, dan Natrabu merupakan sebagian nama restoran Padang besar dengan cabang di mana-mana. Namun, masing-masing memiliki ciri khas sendiri. Mana yang paling enak, tergantung dari citarasa kuahnya.

Kami mencicipi gulai ayam Sederhana (Rp 12.000). Dada ayamnya juicy dan empuk. Kuah santannya kental, berwarna oranye kemerahan, namun tidak pedas. Santan dan minyaknya terlihat terpisah. Baik daging ayamnya maupun kuahnya terasa sama-sama gurih enak.

Meski juga bernama Sederhana, Sederhana Bintaro memiliki citarasa yang sedikit berbeda. Gulai paha ayam (Rp 11.500) yang kami coba teksturnya lebih kenyal dibanding gulai ayam Sederhana. Kuahnya tidak terlalu kental dan berwarna oranye merata. Rasanya agak asin dengan rempah yang beraroma, namun tidak pedas.

Terakhir, kami menyantap gulai dada ayam Natrabu (Rp 13.500). Tampilannya mirip dengan hidangan Sederhana, yakni kuah kental dengan warna jingga kemerahan. Minyaknyapun terlihat terpisah dengan santannya. Ayamnya empuk, sementara kuahnya gurih, tak pedas, dan terjejak campuran asam suntinya yang segar.

Dari ketiga gulai ayam yang kami cicipi, kami paling suka dengan gulai ayam Sederhana dan Natrabu. Daging ayamnya empuk dan juicy, sementara kuah santannya terasa kental namun gurih nikmat di lidah. Apalagi kalau disantap dengan nasi, daun singkong rebus, gulai nangka, dan sambal lado mudo. Wuih, lamak bana!

Sederhana Masakan Padang

Jl. Ampera Raya No. 99, Cilandak

Telepon: 021-78840042

Apartemen Taman Rasuna lantai 2

Jl. KH. Abdullah Syafi'ie No.2 (Lapangan Ros)

Sederhana Bintaro Masakan Padang

Jl. Taman Margasatwa No. 12, Warung Buncit

JL. Tebet Raya No. 84, Tebet

Jl. Metro Pondok Indah Kav. IV, Kebayoran Lama

Natrabu Minang Restaurant

Jl. KH. Agus Salim No. 29A

Telepon: 021-31935668

Jl. Hos Cokroaminoto, No. 84, Menteng

Telepon: 021-3907857

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment