Wednesday, September 19, 2012

Krenyes Manis Gangjeong, Energy Bar Lezat dari Korea


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Wanita Korea dikenal dengan tubuh tetap ramping meskipun hobi ngemil. Pilihan camilannya berupa makanan sehat yang bernutrisi. Salah satunya adalah gangjeong, energy bar lezat, yang memiliki tekstur krenyes enak. Ternyata camilan inipun tak sulit dibuat.

Gangjeong masuk dalam kategori camilan a la Korea dengan nilai kalori yang rendah. Terbuat dari bahan rice crispy (berondong beras) yang dicampur dengan madu, malt, dan sereal. Karena rasanya gurih renyah camilan ini disukai mereka yang diet. Rasanya enak dan juga mengenyangkan.

Untuk membuatnya, rice crispy, madu dan malt dicampur bersama di dalam mangkuk. Setelah tercampur rata, baru ditambahkan dengan sereal. Kemudian seluruh bahan ini diletakkan di atas tatakan kayu lebar mirip talenan.

Setelah itu, bahan yang lengket satu sama lain dan bentuknya tak beraturan ini diratakan dengan menggunakan rolling pin (gilingan kue). Gangjeongpun menjadi lebih rapi dan menjadi padat. Mirip dengan pembuatan berondong beras. Selanjutnya dipotong-potong sesuai selera.

Agar lebih enak, biasanya ditambahkan bahan lain seperti kismis dan biji wijen. Rasanya renyah-renyah legit dengan cita rasa gurih manis. Selain dikonsumsi sehari-hari, gangjeong juga sering dihidangkan dalam acara tahun baru, ulang tahun, juga pesta pernikahan. Di toko atau pasar swalayan juga dijual gangjeon dalam kemasa siap makan.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment