Thursday, September 13, 2012

LPPOM MUI Jalin Kerjasama dengan UIN Syarif Hidayatullah


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Indonesia sudah sepatutnya mengambil posisi terdepan di bidang halal. Alasannya karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Guna mencapai tujuan tersebut, LPPOM MUI membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk kalangan perguruan tinggi.

Adanya banyak dukungan tersebut bisa menambah kekuatan Indonesia sebagai pusat halal dunia. Karenanya, LPPOM MUI kini didukung oleh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah dalam melaksanakan pelatihan auditor halal.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim, M.Si dalam sambutan penandatanganan kerja sama antara Pusat Pengembangan Science dan Teknologi (Pusbangsitek) UIN Jakarta dengan LPPOM MUI.

Ir. Lukmanul Hakim juga menjelaskan jika kalangan perguruan tinggi memiliki peran sangat strategis di bidang halal. Dari sisi syariah, perguruan tinggi seperti UIN sangat diharapkan mampu melakukan penggalian sumber hukum Islam untuk menjawab persoalan yang muncul berkaitan dengan status hukum kehalalan produk.

Dari sisi sains dan teknologi, kalangan kampus dapat membangun kesadaran atau mengembangkan mata kuliah tertentu yang berbasis pengetahuan kehalalan. Perkembangan teknologi di kalangan perguruan tinggi juga dapat digunakan untuk menjawab persoalan yang berkaitan dengan produk halal melalui riset.

SUMBER: LPPOM MUI

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment