Friday, September 7, 2012

Oregano Bantu Redakan Kram Perut Saat Menstruasi


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Oregano atau origanum vulgare pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda. Tak cuma daun segarnya yang digunakan, namun oregano kering juga menjadi ciri khas dari pizza yang begitu populer. Nah, rupanya sih hijau mungil ini punya beragam khasiat hebat!

Helai daun oregano kaya akan kandungan zat besi, mangan dan juga vitamin A. Jika sering dikonsumsi, nutrisi yang ada di dalamnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa thymol dan carvacol dalam oregano juga bermanfaat untuk mengobati sakit perut dan masalah pencernaan.

Oregano juga diketahui mampu membantu redakan kram perut pada wanita pada saat menstruasi. Caranya mudah, kunyahlah beberapa helai daunnya sekaligus. Selain itu, daun oregano juga sering dinikmati dengan cara direbus beberapa saat kemudian disaring dan dinikmati sebagai teh.

Selain diolah menjadi bumbu kering, oregano juga bisa dibuat minyak. Minyak oregano ini bisa mengobati flu dan juga sesak nafas. Tambahkan beberapa tetes minyak pada segelas air, lalu minum secara rutin. Di dalam minyak ini juga terdapat senyawa anti bakteri dan anti virus, yang juga bermanfaat untuk mengobati infeksi pada kulit.

Untuk mendapatkan khasiat maksimal dari oregano, yang paling baik adalah membelinya dalam keadaan segar dibandingkan yang kering. Biasanya tersedia di pasar swalayan besar yang menyediakan aneka bumbu dan sayuran segar.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment