Wednesday, September 5, 2012

Puding Hangat dan Gurih Khas Yorkshire


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Meski menyandang nama puding, sajian yang satu ini tidak memakai agar-agar, telur dan susu. Namun, puding yang ini harus dimakan hangat. Bentuknya bulat menggembung dengan bagian luar yang krenyes renyah dan bagian dalamnya lembut. Nyam..nyam sedap!

Orang Inggris punya sajian istimewa Sunday Roast yang terhidang khusus di hari Minggu. Isiannya terdiri dari daging panggang, kentang panggang, Yorkshire pudding, sayuran dan saus. Yorkshire menjadi salah satu komposisi penting di dalam sajian Sunday Roast ini. Tak cuma di Inggris, namun tradisi Sunday Roast juga dilakukan di Amerika, Kanada, Australia, New Zealand, dan juga Ireland.

Adonan Yorkshire pudding dibuat dari bahan terigu, susu, telur yang sudah dikocok, dan sejumput garam. Begitu adonan sudah tercampur rata, kemudian langsung dipanggang. Saat proses tersebut, adonan Yorkshire pudding akan mengembang tinggi ke atas. Namun Yorkshire pudding langsung kempes begitu dikeluarkan dari oven.

Dari namanya, bisa ditebak jika Yorkshire pudding berasal dari wilayah Yorkshire, Inggris. Aslinya, puding ini dibuat dalam loyang besar. Namun kini banyak yang membuat variasi yang dibuat di dalam loyang mungil untuk sekali makan.

Meski begitu populer, namun sejarah Yorkshire pudding tak diketahui pasti. Resep serupa dimuat dalam buku The Whole Duty of a Woman keluaran tahun 1737 dan juga dalam buku berjudul The Art of Cookery Made Plain and Simple di tahun 1747.

Kalau ingin menikmati Yorkshire Pudding yang rasanya mirip kue sus ini di Jakarta bisa mampir ke restoran berbintang bermenu Barat. Kulitnya yang garing dan beraroma gurih telur paling enak dicocol dengan saus cokelat atau saus beefsteak.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment