Monday, September 10, 2012

Sari Anggur Merah Turunkan Tekanan Darah


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Kabar baik buat mereka yang sulit menurunkan tekanan darah. Sari anggur merah tanpa alkohol terbukti bisa membantu menurunkan tekanan darah. Cukup minum 2 gelas sari anggur merah tanpa alkohol per hari!

Jurnal Circulation Research melaporkan sebuah tes dilakukan tim dokter dari Spanyol pada 67 laki-laki yang mempunyai risiko penyakit jantung dan diabetes. Para pria ini menghabiskan tiga periode dan setiap periode memakan waktu 4 minggu. Mereka menikmati sari anggur merah tanpa alkohol, sari anggur merah beralkohol, atau gin yang dikonsumsi bersama makanan. Pada setiap fase minuman-minuman tersebut ditukar.

Di bulan saat mereka menikmati sari anggur merah dengan alkohol atau gin, tekanan darah mereka hanya menunjukkan sedikit perubahan. Tetapi, ada penurunan drastis saat mereka minum sari anggur tanpa alkohol. Hal ini merupakan 14% penurunan risiko serangan jantung dan 20% penurunan resiko stroke.

Kandungan Polyphenol yaitu antioksidan yang ditemukan di sari anggur merah merupakan zat yang membantu menurunkan tekanan darah. Namun studi sebelumnya tidak menemukan hubungan antara konsumsi sari anggur dan penurunan tekanan darah.

Para peneliti menyebutkan, mungkin karena sari anggur tanpa alkohol melepaskan senyawa nitric oxide ke saluran darah. Ini menyebabkan pembuluh darah menjadi kendur dan menyerap polyphenol dengan lebih baik.

Sebagai catatan, penelitian ini hanya berfokus pada laki-laki yang sudah mempunyai risiko penyakit jantung. Untuk orang-orang yang dengan kondisi tubuh sehat mungkin tidak menemukan efek pada tekanan darah mereka.

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang menentukan seperti tipe anggur dan pengendalian eksperimen yang mungkin bisa mempengaruhi penemuan ini.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment