Sunday, September 9, 2012

Tempat Penitipan Anak Jadi Sarana Pengenalan Makanan Sehat


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Kebanyakan orang tua yang bekerja, menitipkan anaknya pada penitipan anak. Biasanya saat usia mereka masih balita. Meskipun tidak bersama ibunya sepanjang hari, di tempat ini anak bisa jadi lebih mandiri bahkan bisa membentuk sikap makan yang baik.

Rata-rata anak usia 2-6 tahun di Amerika Serikat menghabiskan sebagian harinya ditempat penitipan anak. Seperti tempat penitipan ini, Amy & Kids Co. Family Child Care. Rata-rata para orang tua merasa puas telah menitipkan anaknya di tempat ini.

Kami sangat senang bisa menemukan Amy & Kids Co, karena tempat ini benar-benar fokus untuk memberikan makanan organik dan sehat, ujar Kristi Hill, salah satu pengguna jasa.

Pengenalan makanan sehat dimulai sejak anak berusia 6 bulan. Selain melatih indra pengecapnya, anak juga bisa cepat mengenal makanan sehat. Jika di tempat penitipan anak diberikan makanan sehat tentunya kebiasaan ini akan terbawa hingga di rumah. Kebiasaan makan sayur, buah dan makanan sehat lainnya juga akan terbawa hingga dewasa.

Sebuah studi dilakukan oleh para perawat anak di Wisconsin dan Minnesota. Baru-baru ini diketahui anak-anak dapat belajar tentang sikap terhadap pangan dan gizi. Kebiasaan baik ini ditemukan sejak dimulainya penelitian.

Sekolah-sekolah harus mulai menghindari pemberian sarapan biskuit. Jenis minuman dan menu makan siang juga harus dipilih yang menyehatkan, jelas Susan Nitzke, ahli gizi dan profesor di Emerita University of Wisconsin.

Rata-rata tempat penitipan anak di Amerika sudah menyediakan menu harian yang sehat. Mulai dari sarapan, makan siang dan snack sore. Hingga kini lebih dari 112.000 orang tua yang menitipkan anaknya di penitipan anak. Mereka begitu antusias menanggapi program pemberian makan sehat ini.

(fit/odi)

No comments:

Post a Comment