Saturday, September 8, 2012

Ardberg Galileo, Whiskey Unik Luar Angkasa


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Ardberg, perusahaan penyulingan telah meluncurkan produk bernama Ardberg Galileo. Produk tersebut merupakan sebuah single malt whiskey edisi spesial untuk merayakan dimulainya sejarah Space Whiskey atau whiskey yang telah diluncurkan ke luar angkasa.

Ardberg mendeskripsikan rasa Ardberg Galileo manis dan lembut dengan sedikit sentuhan rasa aprikot, pisang, dan rempah. Plus aroma toffee pedas dengan sedikit aroma buah tropis.

Tahun lalu perusahaan penyulingan Skotlandia, Ardberg bekerjasama dengan International Space Station untuk menguji efek kondisi tanpa gravitasi pada proses fermentasi whiskey. Kerjasama ini terjadi terjadi saat NanoRacks, sebuah perusahaan penelitian luar angkasa di Texas mengundang perusahaan penyulingan Ardberg untuk ikut serta.

Whiskey dikirim ke luar angkasa menggunakan roket yang diluncurkan dari Kazakhstan tahun lalu. Botol-botol ini akan menghabiskan total dua tahun di luar angkasa. Berarti masih ada waktu satu tahun lagi.

Penelitian ini diharapkan dapat mempelajari komponen bernama terpenes dalam whiskey. Terpenes adalah sebuah molekul besar dan rumit yang bisa membantu menemukan informasi baru tentang efek ruang tanpa gravitasi dan membantu perusahaan penyulingan mengembangkan rasa whiskey baru.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment