Saturday, September 8, 2012

Nutrisi Hebat Dalam Buah dan Sayuran Warna Ungu


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Apa warna sayur dan buah yang paling sering Anda konsumsi? Ada kabar baik buat Anda yang rajin mengonsumsi buah dan sayur berwarna ungu. Kandungan nutrisi di dalamnya bisa mencegah kerusakan sel, dan juga membuat Anda sehat dan tampak awet muda!

Buah dan sayur juga sering dikelompokkan sesuai warnanya. Terbagi atas warna merah, kuning dan orange, hijau, biru dan ungu, juga yang berwarna putih. Setiap kelompok warna memiliki kandungan nutrisi tertentu yang sangat dibutuhkan tubuh.

Buah dan sayur berwarna ungu diketahui sarat akan nutrisi. Di antaranya adalah menurunkan risiko tekanan darah tinggi yang bisa berdampak fatal bagi kesehatan. Ada juga lutein, zeaxanthin, resveratrol, vitamin C, serat, juga flavonoid. Buah dan sayur berwarna ungu di antaranya adalah terong, anggur, bit, ubi, cherry, dan juga kol ungu.

Kekebalan tubuh juga bisa meningkat jika sering mengonsumsi si ungu ini. Pencernaan menjadi lebih lancar, melawan inflamasi dan juga menghambat penyebaran sel kanker karena adanya anthocyanins di dalamnya. Anthocyanins merupakan senyawa yang memproduksi warna ungu pada buah dan sayur.

Ada temuan menarik yang dihasilkan oleh National Helath and Nutrition Examination Study (NHANES). Mereka meneliti pola makan sekelompok orang, dan terlihat hasilnya jika orang yang rajin mengonsumsi makanan berwarna ungu dan biru paling jarang mengalami kelebihan berat badan.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment