Saturday, September 8, 2012

Makan Telur Setiap Pagi Bantu Turunkan Berat Badan


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Telur menyimpan banyak protein. Direbus, dibuat orak-arik, atau omelet cocok disajikan saat sarapan. Seringkali telur dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa makan telur setiap pagi bisa membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa telur adalah cara terbaik untuk melunturkan lemak. Pasalnya, telur akan membuat perut kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan lain yang dikonsumsi untuk sarapan, seperti keripik, biskuit, dan makanan cepat saji.

Kandungan proteinnya berperan dalam mencegah rasa lapar. Karena rasa kenyang inilah, maka orang akan mengurangi konsumsi kalori sepanjang hari.

Dalam sebuah studi juga dikatakan bahwa kandungan leusin didalam telur dapat berperan dalam meregulasi sintesis protein didalam otot dan insulin. Jika makanan kaya protein dimasukkan ke dalam menu diet, diketahui dapat mengurangi konsumsi karbohidrat kompleks dalam tubuh.

Seorang konsultan dan Ahli Gizi, Dr. Sunita Dube, mengatakan Telur juga akan membantu membakar lemak tubuh. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada pengendalian rasa lapar. Putih telur yang rendah kalori dapat membantu menurunkan berat badan.

Pernyataan ini juga diakui oleh konsultan gizi, Niti Desai. Telur mengandung protein dan lemak yang akan membuat perut kenyang lebih lama. Telur juga punya jumlah kalori yang cukup dan pas jika dimakan saat sarapan.

Sedangkan untuk kandungan kolesterolnya, Dr. Parul R. Sheth menjelaskan, Sebutir telur mengandung sekitar 212 mg kolesterol, semuanya ada di dalam kuning telur. Jumlah kolesterol ini tidak melebihi batas konsumsi yang dianjurkan yaitu sekitar 300 mg per hari.

Memang benar jika dikonsumsi terlalu banyak bisa meningkatkan kadar kolesterol. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan 4 butir telur atau lebih setiap minggu tidak menunjukkan adanya peningkatan resiko penyakit jantung, tambah Sheth.

Selain kolesterol, kuning telur juga mengandung vitamin D dan asam folat. Kuning telur yang berwarna oranye disebabkan oleh pigmen alami dari tumbuhan yaitu Lutein dan Zeaxanthin. Kedua pigmen ini dapat menjaga kesehatan mata, pembentukkan otot dan membantu penyerapan protein.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment