Saturday, September 8, 2012

Wangi Legit Panforte, Kue Legendaris dari Siena


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Kue yang berasal dari Siena,Italia ini terbuat dari berbagai macam kacang, kismis, dan rempah. Semuanya dicampur kedalam adonan karamel dan dipanggang. Hasilnya kue dengan tekstur kenyal renyah beraroma manis rempah yang kuat.

Panforte secara harafiah diartikan sebagai 'kue kuat', karena kue ini mempunyai aroma rempah yang kuat. Nama asli panforte adalah Panpepato (kue bumbu lada), karena pada abad pertengahan jumlah lada yang dimasukkan ke dalam adonan kue sangat banyak.

Menurut dokumen tahun 1205, Panforte diberikan untuk pastur dan biarawati di biara lokal Italia sebagai bentuk zakat. Secara tradisional, Panforte dipanggang di panci bundar yang dilapisi dengan hosti (wafer bundar yang biasa dipakai dalam ibadah umat Katolik), karena itu hidangan ini mempunyai arti religius.

Di negara asalnya, Siena kadang disebutkan harus dibuat dengan 17 bahan berbed. Angka 17 mewakili kabupaten yang ada dibawah naungan kota Siena. Saat ini ada dua versi pan forte paling terkenal. Pan forte nero, atau kue hitam aroma kuat dan varian lainnya bernama Panforte Margherita, versi yang lebih ringan dan biasanya tidak mengandung lada, cocoa, atau cokelat.

Proses pembuatan panforte ini bisa dibilang mudah. Gula dilarutkan bersama madu lalu dicampur dengan kacang-kacangan, buah, rempah, cokelat dan tepung dan diaduk rata.Setelah ditaruh dalam panci atau wadah lalu dipanggang hingga matang.

Saat disajikan, kue yang selalu ada tiap Natal ini diberi taburan gula bubuk.Biasanya kue ini disajikan sebagai makanan penutup tapi anda juga bisa menikmatinya saat sore sebagai teman minum teh atau kopi.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment