Saturday, September 8, 2012

Yumilgwa, Krenyes Manis dan Renyah


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Menikmati camilan disela-sela jam makan memang jadi kegiatan rutin yang dilakukan banyak orang. Apalagi kalau teksturnya renyah, lembut dan manis. Seperti yang satu ini. Digoreng kering hingga teksturnya garing dengan rasa manis.

Yumilgwa atau biasa disebut dengan yugwa merupakan salah satu camilan khas Korea. Yugwa sendiri berasal dari kata han-gwa yang berarti kue atau cookie. Biasanya disajikan untuk perayaan hari besar. Karena teksturnya garing dan sedikit manis, makanan ini juga disajikan untuk camilan.

Kue ini dibuat dari rice cakes, gula, irisan jahe dan biji wijen. Pertama rice cake digulung atau dibentuk bulat memanjang, kemudian digoreng dalam api sedang hingga kecokelatan. Kue yang matang bisa langsung diangkat dan segera tiriskan.

Meskipun sudah matang digoreng namun belum bisa dinikmati. Setelah dingin, kue dicelupkan kedalam sirup gula. Untuk sentuhan akhirnya, lumuri dengan biji wijen atau kelapa parut. Rasa manisnya langsung meleleh di mulut saat gigitan pertama. Selain renyah, bagian dalamnya juga begitu kenyal.

Bentuk kue ini selain bulat panjang juga yang kotak tipis. Kalau ingin tetap renyah, simpanlah dalam stoples kedap udara. Kebanyakan orang Korea menikmati yugwa dengan secangkir teh hangat.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment