Saturday, September 15, 2012

Wabah Listeria Pada Keju Ricotta Salata Memakan Korban Jiwa


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Tak hanya telur dan sayuran yang bisa terkena wabah bakteri. Keju juga bisa terkena wabah jenis bakteri listeria. Tepatnya pada keju ricotta yang berwarna putih mulus. Akibat wabah ini, sebanyak tiga orang meninggal dunia setelah memakannya.

Seperti berita yang dilansir dari NBCNews, pejabat kesehatan di Amerika mengumumkan sebanyak tiga orang tewas dan 14 orang yang jatuh sakit. Wabah ini telah meracuni banyak orang di 11 negara. Keracunan terjadi setelah mereka makan keju ricotta salata yang terkontaminasi listeria.

Ricotta salata merupakan keju berwarna putih dengan rasa asin. Dibuat dari susu domba yang di pasteurisasi. Keju ini sering disajikan sebagai crumble untuk salad pasta, lasagna dan hidangan lainnya. Teksturnya sangat lembut dan biasa dijual dalam kemasan plastik.

Terkait masalah ini, keju ricotta yang telah dijual ke distributor dan disebar ke toko-toko makanan juga restoran di 18 negara bagian dan District of Columbia. Ditarik dari peredaran mulai tanggal 20 Juni hingga 9 Agustus kemarin.

Bagi yang sudah membelinya, diharapkan bisa memeriksa kualitas produk dan segera membuangnya.

Keju ricotta salata yang berhasil ditarik dari peredaran bernomor T9425 dengan kode produksi 441.202.

Kebanyakan keju ini dijual di California, Colorado, Florida, Georgia, Illinois, Indiana, Maine, Maryland, Massachusetts, Montana, New Jersey, New Mexico, New York, Ohio, Oregon, Pennsylvania, Virginia, dan Washington.

Kejadian ini sangat penting diinformasikan untuk menjaga kesehatan wanita hamil, orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah dan lansia, Jika ragu mengkonsumsi jangan ragu membuangnya. ujar salah satu pejabat di Centers for Disease Control and Prevention.

Pada tanggal 28 Maret sampai 30 Agustus 2012, penyakit akibat wabah ini telah terdiagnosa. Empat penyakit akibat wabah ini berkaitan dengan kehamilan, dan dua masalah didiagnosa pada bayi yang baru lahir. Sedangkan sepuluh orang lainnya yang terinfeksi wabah, berusia antara 56-87 tahun.

Hingga saat ini pejabat setempat masih melakukan penyelidikan hubungan antara penyakit yang terjadi dibulan Maret dengan konsumsi keju yang masih dijual ditoko-toko dan restoran. Kematianpun dilaporkan terjadi di Minnesota, Nebraska dan New York.

Pejabat FDA menemukan jenis wabah ini yaitu bakteri listeria monocytogenes, dalam sampel potongan keju ricotta salata impor. Dimana listeria ini dapat mengancam nyawa dan sangat berbahaya bagi wanita hamil, orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah dan lansia.

Pada wanita hamil yang terinfeksi bakteri ini akan mengalami flu hingga menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur atau infeksi yang mengancam jiwa si bayi ketika lahir.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment