Thursday, November 29, 2012

Buku Masak Khusus Anak Bisa Jadi Hadiah Ultah


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Jelang hari ulang tahun anak perempuan, banyak orang tua bingung memberi kado. Sebaiknya, hadiahi si kecil kado yang bermanfaat dan bisa merangsang minat dan bakat. Salah satunya adalah buku masak khusus anak!

Memasak tak cuma bisa dilakukan orang tua. Anak-anak juga perlu dilibatkan. Ajak anak untuk ikut mengolah makanan, dan beri ia tugas yang ringan. Aktivitas ini juga bisa melatih keberanian, inisiatif, dan juga kreativitasnya.

Buku masak khusus anak juga dapat membantu tumbuhkan minat anak pada memasak. Berisi resep-resep yang mudah dipraktekkan dengan bahan yang praktis. Biasanya buku ini didesain dengan banyak gambar dan berwarna-warni. Harga bukunya mulai dari Rp. 50.000 di pasaran.

Sebelum mulai mempraktekkan resepnya, kenalkan anak dengan bahan-bahan pembuatannya. Misalnya tepung, gula pasir, telur, dan juga aneka jenis buah-buahan. Aktivitas yang bisa dilakukan anak antara lain mengaduk adonan dan juga menghias makanan. Gunakan alat-alat yang aman dipergunakan oleh si kecil. Agar lebih seru, berikan celemek serta alat masak yang warnanya menarik.

Salah satu buku masak buat si kecil adalah New Junior Cookbook keluaran Better Homes & Gardens Cooking. Di dalamnya terdapat 65 resep praktis untuk anak 5 hingga 12 tahun. Dilengkapi dengan tips memasak dan juga nilai gizi menu-menunya.

Buku masak berjudul Mom and Me Cookbook juga bisa jadi alternatif. Buku yang ditujukan untuk anak 3 tahun ke atas ini juga memicu anak dan orangtua berinteraksi lewat makanan yang dibuat bersama.

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment