Thursday, November 29, 2012

Tak Doyan Makan Sayuran? Mulailah Berkebun!


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Bukan hanya anak-anak yang tak suka makan sayur, sebagian orang dewasa juga. Padahal, sayuran sangat penting untuk menyeimbangkan asupan nutrisi dalam tubuh. Jika ingin bisa menyantap sayuran dengan lahap, mulailah berkebun di pekarangan rumah!

Sebuah penelitian di jurnal Hort Technology menyebutkan bahwa kegiatan berkebun berkaitan dengan meningkatnya angka konsumsi sayuran di antara populasi paruh baya. Orang dewasa yang berkebun cenderung memakan sayuran dibanding mereka yang tidak berkebun. Namun, perbedaan ini tak terlihat pada konsumsi buah.

Selama sebulan, Texas A&M University dan Texas State University melakukan survei terhadap 261 orang berusia 50 tahun ke atas. Survei online ini dilakukan sebagai upaya mendorong kegiatan berkebun di antara orang berusia setengah baya. Riset ini juga merupakan bagian dari program 'gardening intervention'.

Dibentuknya program Gardening Intervention terinspirasi dari sebuah studi. Penelitian menyebutkan bahwa kekurangan gizi merupakan penyebab utama kematian dini dan kerentanan terhadap penyakit pada lansia. Bahkan, gizi buruk terbukti berkontribusi pada angka kematian sama tingginya seperti merokok.

Populasi tua memang dilaporkan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur dibanding kelompok usia lain. Namun, riset tadi menunjukkan bahwa lebih dari setengah populasi tua di Amerika Serikat tak memenuhi anjuran pemerintah untuk menyantap lima porsi buah dan sayur setiap hari.

Peneliti juga menemukan bahwa gender dan lamanya seseorang berkebun tak berpengaruh pada konsumsi sayuran dan buah. "Program Gardening Intervention pada orang paruh baya dapat menjadi metode efektif untuk mendorong konsumsi buah dan sayur mereka," ujar Tina Waliczek Cade, salah satu peneliti.

Menurut situs Global Healing Center (17/08/12), penelitian terdahulu juga menguatkan hasil studi tadi. Ketika orang terkoneksi dengan bumi melalui berkebun, mereka cenderung menyantap lebih banyak sayur dan buah yang mereka tanam.

Dengan kata lain, kita dapat memulai berkebun kapan saja. Kegiatan ini membuat kita mengonsumsi makanan yang lebih baik, sehingga kita bisa berumur lebih panjang. Selain itu, tak perlu meluangkan banyak waktu untuk berkebun demi mendapat hasil positifnya, yakni peningkatan konsumsi sayur dan buah.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment