Wednesday, November 21, 2012

Hmm.. Krenyes Hangat, Roti Bakar Mana yang Enak?


Rekomendasi Redaksi

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Sore mendung begini paling asyik mengunyah roti bakar. Luarnya krenyes garing dan isiannya padat. Selai, cokelat, kronet atau keju. Renyah, manis dan gurih. Yang paling asyik tentunya mengenyangkan sekaligus menghangatkan perut. Mana roti bakar yang paling enak?

Roti bakar atau roti panggang sudah ada sejak zaman purba. Dibuktikan dengan adanya temuan butiran gandum di atas sebuah batu berumur 30 ribu tahun. Hingga saat inipun kepamorannya tak pernah surut. Teksturnya lembut dengan pinggiran garing kecokelatan dengan rasa kyenyes renyah.

Kini roti bakar atau panggang bisa dibuat sendiri di rumah. Tingkat kerenyahannya bisa sesuai selera. Demikian juga jenis rotinya, bisa roti tawar atau roti gandum. Isiannya juga bisa disesuaikan selera. Cokelat, selai buah, selai kacang, kornet atau keju dan lain-lain.

Karena populer dan banyak penggemar, kini roti bakar juga mulai dijual di warung-warung tenda hingga warung makan. Detikfood pun mencoba mendcicipi roti bakar dari tiga kedai roti bakar tersohor dan masing-masing punya gaya racikan yang berbeda. Roti Bakar 88, Roti Bakar Eddy dan Roti Bakar Wi2ed.

Roti bakar cokelat keju di Roti Bakar 88, setangkup roti tawar berisi meisjes dan susu ini panjangnya sekitar 15 cm. Tidak terlalu tebal dengan taburan keju yang berlimpah. Jejak gurih margarin pada permukaan roti yang tidak gosong terasa jelas.

Tekstur rotinya lembut, empuk dan agak basah. Sedangkan meisjes yang jadi isiannya terasa meleleh saat digigit. Ditambah keju parut yang berlimpah memberi kesan gurih di lidah. Per porsinya roti panggang yang dipotong menjadi enam bagian ini harganya Rp. 10.000.

Nah kalau suka dengan tekstur roti bakar yang permukaanya garing dan empuk di dalam bisa coba roti bakar racikan Roti Bakar Eddy. Meskipun isiannya sama, keju parut tidak tampil diluar justru di dalam bersama meisjes yang manis.

Meskipun permukaanya di panggang hingga kering namun bagian dalamnya terasa empuk dan lembut. Kalau ingin taburan keju diatasnya bisa pilih menu 'burju'. Untuk roti bakar dengan ukuran jumbo, harga Rp. 11.000 perporsi roti bakar coke alias roti bakar cokelat keju terbilang cukup murah.

Sedangkan roti bakar cokelat keju racikan Wi2ed juga tak kalah enaknya. Setangkup roti tawar bentuknya kotak dan dibagi menjadi empat potongan. Roti bergaya rumahan ini tampil sederhana dengan isian meisjes dan keju lembaran. Per porsinya dijual seharga Rp. 8.000 saja.

Karena roti diiris agak tipis, tekstur renyahpun nyaris rata ke semua bagian. Sangat pas dinikmati bersama meisjes yang tak berlebihan dan keju s yang nyaris meleleh. Jika tak suka makan dalam porsi besar bisa pilih racikan roti bakar Wi2ed.

Setelah mencicipi ketiganya, roti bakar dengan porsi jumbo buatan Eddylah yang enak. Tekstur garing di luar karena dipanggang di atas bara api arang dan lembut di dalam. Belum lagi isian meisjes dan keju parut yang berlimpah.

Namun, jika suka dengan tekstur roti bakar yang agak basah dan keju parut yang berlimpah bisa coba racikan Roti Bakar 88. Sedangkan racikan Roti Bakar Wi2ed cocok untuk Anda yang tak suka makan banyak.

Mumpung udara sedang dingin sore ini, bagaimana jika langsung memilih salah satu outlet roti bakar ini. Nyam-nyam hangat enak!

Roti Bakar 88

Pasar Lama, Tangerang

Roti Bakar Eddy

Jl. Raya Kasuari No.1

Cabang Bintaro, Jakarta Selatan

Roti Bakar Wi2ed

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment