Wednesday, November 21, 2012

Wow... Di Restoran Ini Robot Memasak Semua Burger!


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Trend pekerja robot saat ini makin membuat pusing para tenaga kerja manusia. Bagaimana tidak, setelah sempat diciptakan ribuan robot pembuat mie di China, saat ini sebuah restoran di San Fransisco hanya menggunakan tenaga robot untuk memasak.

Itulah yang dilakukan oleh restoran burger Momentum Machines yang berlokasi di San Francisco, Amerika Serikat. Resto ini menjadi restoran pertama yang seluruh masakannya dibuat oleh robot.

Mesin alpha kami membuat semua hamburger di restoran. Mesin ini bisa membuat semua yang bisa dikerjakan para pekerja, bahkan lebih baik," kata pihak perusahaan, seperti dilansir Daily Mail (20/11/2012).

Mesin pembuat burger ini mampu membuat 350 burger per jam. Bisa disesuaikan perbandingan racikan daging dan bacon sesuai selera. Lalu, mesin langsung memotong topping seperti tomat, lettuce, dan acar timun sebelum burger siap untuk disajikan. Karena dikerjakan bersamaan semua bahan terjaga kesegarannya.

Perusahaan tersebut menyebutkan bahwa metode yang mereka gunakan lebih efisien daripada dapur yang dioperasikan oleh manusia. Selain itu lebih terjaga kebersihannya, dan penghematan biaya tenaga kerja bisa dipakai untuk bahan-bahan dengan kualitas lebih baik.

Karena mesin tersebut hanya memerlukan tempat sekitar 2,23 meter persegi, maka tersedia lebih banyak ruang untuk tempat duduk. Karenanya bisa memberikan pengalaman makan yang lebih baik.

Perusahaan pembuat robot tidak menyebutkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya perbaikan dan perawatan. Demo mesin akan dilakukan awal tahun ini, setelah mendapat Rp 480.769.000 sebagai modal awal dari Lemmos Labs bulan Februari nanti.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment