Monday, November 26, 2012

Promosikan Salmon, Pangeran Norwegia Bikin Sashimi


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Menyaksikan para chef professional meracik makanan, tentu sudah biasa. Namun melihat Putra dan Putri Kerajaan Norwegia meracik sashimi secara langsung tentu jadi pemandangan yang langka. Hal itulah yang terjadi dalam acara Master Class produk seafood asal Norwegia!

Senin (26/11), The Royal Highness Crown Prince Haakon dan juga The Royal Highness Crown Princess Mette-Marit tampak sibuk mengiris daging salmon segar tipis-tipis. Dibantu oleh chef Geir Skeie keduanya tampak menikmati pengalaman meracik sashimi dengan shoyu dan juga bawang goreng di atasnya. Setelah jadi, merekapun langsung membagikannya kepada peserta Master Class.

Putra dan Putri Kerajaan Norwegia memang turut hadir dalam acara Master Class tersebut. Diselenggarakan di Ceria Room, Shangri-La Hotel, Jakarta, Master Class diselenggarakan untuk mempromosikan salmon asal Norwegia. Diakui Christian Chramer, Norwegian Seafood Council's Regional Director untuk kawasan Asia Tenggara, impor salmon dari Norwegia ke Indonesia angkanya memang meningkat tajam, dari 400 ke 1.400 ton.

Acara Master Class tersebut dipimpin oleh chef Geir Skeie, chef handal asal Norwegia. Kiprahnya dalam mengolah makanan sudah dikenal hingga dunia internasional, atas prestasinya sebagai juara dunia dalam kompetisi Bocuse d'Or 2009, dan juga juara Eropa Bocuse d'Or tahun 2008.

Dalam mengolah menu-menunya, chef Geir sangat menonjolkan cita rasa asli bahan makanan tanpa tambahan banyak bumbu. Ia menampilkan kebolehannya mengolah ikan salmon, ikan cod, kerang, dan juga king crab atau kepiting raja.

Setelah membuat sashimi bersama Putra dan Putri Mahkota Norwegia, chef Geir kemudian membuat menu berbahan ikan cod dan juga kepiting. Ia memasukkan ikan cod dalam pan yang sudah diisi dengan sedikit minyak dan memasaknya sebentar. Yang unik, untuk sausnya, ia menggunakan mashed potato dan juga ikan cod yang dihaluskan bersama. Teksturnya sangat lembut dan gurih lezat.

Chef berusia 32 tahun ini juga turut mengolah king crab menjadi sajian nikmat yang menonjolkan cita rasa asli kepiting segar. Cangkangnya dilepaskan satu persatu dengan bantuan gunting, lalu dagingnya digoreng sebentar dengan sedikit minyak. Cangkangnya tak langsung dibuang, melainkan dimasukkan ke dalam racikan saus kepiting. Di dalamnya digunakan bawang putih, daun ketumbar, air jeruk lemon, dan juga susu.

Diharapkan, acara Master Class dan juga kehadiran Putra dan Putri Mahkota Norwegia ini bisa meningkatkan perhatian masyarakat akan hasil laut asal Norwegia. "Kami senang konsumen di Indonesia dapat menikmati produk seafood kami yang sehat, bernutrisi dan segar, yang diterbangkan langsung dari Norwegia," kata Christian.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment