Thursday, November 29, 2012

Sejak Janin Berusia Sehari Perlu Nutrisi Penting Untuk Otak


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Periode emas pada anak dimulai sejak dalam kandungan hingga 1365 hari pertama. Saat itulah otak akan terbentuk dan berkembang. Jika pertumbuhannya sempurna, daya ingat dan daya tangkapnya akan terbangun sempurna. Karenanya diperlukan nutrisi untuk perkembangan otak anak.

Sel-sel saraf otak mulai terbentuk sejak janin berusia satu hari. Berat otak akan bertambah dengan cepat saat memasuki usia tiga bulan hingga anak berusia tiga tahun. Saat periode emas itulah pemberian nutrisi penting untuk otak anak harus dilakukan.

Menurut Emilia J. Achmadi, ahli gizi, berbagai macam nutrisi berguna untuk tumbuh kembang anak. Namun DHAlah yang berperan penting dalam perkembangan otak. Hal inipun telah diperjelas melalui hasil penelitian yang dilakukan Mead Johnson Nutrition yang juga mendukung pertumbuhan otak anak melalui produk Enfagrow A+.

DHA atau Doxosahexaenoic Acid banyak terdapat pada susu, telur, ikan salmon, ikan macarel dan kacang-kacangan. Perlu diberikan sejak bayi masih dalam kandungan, pada masa kehamilan dan menyusui harus ditingkatkan asupan DHA. Jika si kecil sudah pandai mengunyah bisa diberikan dalam bentuk lunak.

Saat acara Media Gathering Mead Johnson Nutrition, Kamis (29/11/2012), Cecep Fathoni, External & Medical Affairs Director Mead Johnson Indonesia, juga menjelaskan mengenai tujuan dari penelitian ini. Studi ilmiah yang kami lakukan ini semata-mata untuk mendukung perkembangan produk-produk Mead Johnson guna memastikan manfaat optimal dari produk tersebut. tuturnya.

Nantinya DHA yang sudah diserap otak akan menangkap komunikasi antar sel. Guna membantu perkembangan fungsi otak hingga maksimal. Saat itulah daya ingat dan kecerdasannya akan semakin berkembang. Anak juga dapat meningkatkan daya tangkap untuk memecahkan masalah atau problem solving.

Jika ingin asupan DHA anak terpenuhi, Emilia juga menganjurkan untuk memberikannya secara bervariasi. Sertakan juga sayuran dan buah yang berwarna-warni, seperti wortel, brokoli, bayam, pisang dan alpukat. Minum susu sebanyak dua hingga tiga gelas juga wajib untuk si kecil guna menunjang kecerdasannya.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment