Wednesday, November 21, 2012

Inilah 10 Benda Paling Berkuman di Restoran!


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Faktor kebersihan jadi salah satu alasan memilih restoran untuk dikunjungi. Namun, restoran yang secara kasat mata bersih dan rapi belum tentu benar-benar higienis. Bahkan ada beberapa alat dan benda di restoran yang justru jadi sarang kuman!

Hal tersebut diungkapkan oleh ABC News Correspondent, Elisabeth Leamy, yang mengungkap temuannya dalam meneliti 10 restoran di 3 wilayah di Amerika. Ia menemukan banyak bakteri bersembunyi di berbagai tempat yang justru tidak terpikirkan.

Ia mengambil sampel benda-benda yang biasa dipegang, seperti kursi, buku menu, minuman lemon, dan juga salt and pepper shaker. Kemudian sampel tersebut diteliti oleh Dr. Philip Tierno dari New York University Microbiologi Department.

Hasilnya, seperti dimuat dalam Dailymail (16/11/2012), dari 70% kursi yang dijadikan sampel, ditemukan 17 jenis bakteri yang berbeda, termasuk E. coli.

Tak hanya itu, jeruk lemon juga mengandung banyak kuman karena diperas tanpa menggunakan sarung tangan. Jeruk juga tidak dicuci terlebih dulu sebelum digunakan. Akibatnya, kuman tersebar dengan cepat. Begitu juga dengan tempat garam, lada, dan juga saus yang sering dipegang banyak orang bergantian.

Karenanya, Leamy menganjurkan para pengunjung restoran untuk melakukan beberapa hal guna mengantisipasi kuman dan bakteri. Sarannya, setelah duduk dan memesan makanan, sebaiknya pengunjung restoran langsung mencuci tangannya selama 20 detik dengan sabun.

Dari penelitian tersebut, akhirnya didapat 10 tempat dan alat di restoran yang menjadi sarang kuman:

4. Salt and pepper shaker

7. Gagang pintu kamar mandi

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment