Wednesday, November 28, 2012

Makan French Fries dengan Saus Juga Ada Etikanya


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Etiket makan bisa meliputi berbagai hal saat bersantap dalam suasana formal. Masing-masing jenis makanan punya aturan sendiri. Termasuk menyantap kentang yang digoreng, dikukus ataupun dipanggang.

Setiap orang punya cara tersendiri untuk menikmati makanan. Baik dalam jamuan makan formal di restoran mewah, ataupun yang sifatnya informal seperti makan bersama keluarga besar.

Situs www.etiquettescholar.com menjelaskan bagaimana etika memakan French fries atau kentang goreng. Untuk kentang yang renyah, Anda diperbolehkan untuk memakannya dengan garpu ataupun langsung dengan tangan. Namun disarankan untuk menggunakan garpu agar menghindari tangan yang kotor ataupun berminyak.

Jika kentang goreng disajikan bersama burger, hot dog ataupun sandwich, situs yang dipimpin oleh Michael Lininger ini menuliskan jika menu tersebut bisa dimakan langsung dengan tangan. Karena kering dan tipis, tambahan keripik kentang di atas piring juga bisa dinikmati dengan menggunakan tangan.

Bagaimana jika ingin menikmati kentang goreng dengan saus tomat, cabai atau mayones? Saus hanya disajikan dalam jamuan makan informal. Disarankan untuk tidak mencocolnya langsung ke piring berisi saus. Tuangkan saus tersebut secukupnya ke piring, baru dinikmati.

Jika Anda menyiapkan sendiri jamuan makan tersebut, hindari meletakkan botol saus di atas meja, dan menuangkan saus langsung di atas piring. Untuk sajian yang dinikmati bersama saus, letakkan saus di piring kecil dan berikan sendok kecil untuk menuangnya.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment