Monday, November 26, 2012

Cokelat Anti Leleh Khusus Negara Bersuhu Panas


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Selama ini, udara panas jadi musuh cokelat. Panas sedikit saja, cokelat batangan bisa meleleh dan bentuknya berubah jadi tak menarik lagi. Karenanya Cadbury punya inovasi,cokelat anti leleh. Hmm, seperti apa ya?

Agaknya cokelat ini menjawab keinginan penggila cokelat yang tinggal di wilayah berhawa panas. Cadbury sedang mengembangkan cokelat yang tahan panas. Cokelat batangan ini kabarnya bisa tetap padat walaupun berada di tempat bersuhu 40 derajat Celcius selama lebih dari 3 jam.

Menurut www.thehindubusinessline.com (25/11), pusat riset dan pengembangan Cadbury di Bourneville, Inggris punya cara khusus untuk membuat cokelat ini. Yaitu dengan melapisi cokelatnya dengan lapisan khusus agar tak terpengaruh dengan suhu tinggi.

Umumnya, cokelat bisa leleh pada suhu 34 derajat celcius, kurang cocok di negara yang memiliki suhu tinggi seperti India dan Brazil. "Proses produksi cokelat yang tahan panas bisa menghasilkan produk coklat yang cocok untuk suhu panas, khususnya negara yang perkembangan ekonominya rendah dimana rantai distribusinya tak mampu menyeimbangkan perubahan suhu," kata para peneliti di Cadbury.

Rencananya, produk ini tak akan beredar di Inggris, melainkan khusus di negara bersuhu panas seperti India. Cokelat ini juga mendapatkan kritikan karena sulit meleleh di mulut. Padahal, cokelat yang meleleh saat dinikmati memberikan sensasi tersendiri.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment