Wednesday, November 28, 2012

Sarapan Donat Dituding Merugikan Pemerintah Inggris


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Tampaknya, pemerintah Inggris sudah mulai gerah akan biaya kesehatan yang terus naik. Mereka menilai, jika biaya penyakit terkait gaya hidup terus ditanggung lembaga kesehatan pemerintah, mereka akan bangkrut. Makanya, mereka berencana mengenakan biaya pada orang yang sarapan donat! Apa alasannya?

Di Inggris, sistem kesehatan publik diurus oleh National Health Service (NHS). Warga tak perlu membayar sebagian besar biaya kesehatan, karena sudah dibiayai oleh pajak.

Seperti di negara maju lain, jumlah penderita penyakit akibat gaya hidup di Inggris semakin tinggi. Salah satunya adalah obesitas dan diabetes yang disebabkan oleh tingginya konsumsi makanan kaya gula, seperti donat.

Karena itulah, Dr. Phillip Lee sebagai anggota parlemen dari partai konservatif Inggris khawatir biaya kesehatan yang membengkak akan merugikan NHS. Menurutnya, seharusnya orang yang bergaya hidup tak sehat membayar biaya resep yang tadinya gratis.

"Kalau Anda mau sarapan dengan donat, tak apa-apa, tapi ada implikasi biayanya. Kita perlu mencocokkan tindakan dengan konsekuensinya. Saat ini, hal tersebut belum terjadi," kata Lee, seperti diberitakan Daily Mail (26/11/12).

Ia menyarankan pemerintah memelajari sistem di Denmark. Di sana, warga diberi anggaran obat-obatan yang kecil setiap tahunnya. Setelah itu, mereka diharapkan membayar sendiri biaya pengobatannya. Menurut Lee, cara ini dapat mendorong masyarakat lebih bertanggung jawab terhadap kesehatannya sendiri.

Lee berpendapat bahwa generasi 'baby boomer' (kelahiran tahun 1946-1964) lebih tak sabar menghadapi penyakit dibanding leluhurnya. Hal ini berpotensi membawa bencana bagi kondisi keuangan NHS.

"Kenyataannya, tekanan datang dari generasi baby boomer. Ekspektasi mereka terhadap layanan kesehatan serta persepsi mereka tentang rasa sakit dan penderitaan sangat berbeda dibanding pendahulu mereka yang selamat dari perang," ujarnya.

Menurutnya, tanpa perubahan besar, NHS bisa bangkrut. "Kita akan kehilangan apa yang diinginkan sebagian besar masyarakat di negeri ini, yakni akses (gratis) terhadap layanan kesehatan ketika diperlukan," tambah Lee.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment