Tuesday, September 11, 2012

Anak yang Disuapi Cenderung Menderita Obesitas


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Saat anak belum bisa menggenggam makanannya sendiri, biasanya disuapi. Teapi jika si kecil sudah bisa menggenggam, biarkan ia menikmati makanannya sendiri. Karena kebiasaan menyuapi makanan, bisa beresiko anak terkena obesitas saat balita.

Kelebihan berat badan saat dewasa bisa disebabkan karena pola makan yang tidak benar saat masih kecil. Ketika menyapih, bubur saring atau padat bisa jadi hidangan utama si kecil. Terkadang setelah disuapi, makanan lain seperti permen juga dikonsumsi. Hal inipun berhasil dibuktikan oleh tim peneliti dari University of Nottingham di Inggris.

Studi ini melibatkan 155 anak dengan usia 20 bulan dan 6 tahun. Para orang tua diminta untuk mengisi kuesioner seputar cara menyapih. Misalnya, apakah orang tua mengizinkan anaknya untuk makan sendiri menggunakan jari-jarinya. Selain itu juga ditanyakan seputar kebiasaan makan anak dan banyaknya makanan yang diberikan.

Mulanya para peneliti percaya bahwa, mereka akan menemukan anak-anak yang dapat mengendalikan makan mereka sendiri. Justru hasil yang ditemukan adalah sebaliknya. Bayi yang disuapi oleh orang tuanya lebih cenderung menjadi gemuk saat balita. Delapan dari 63 anak yang disuapi cenderung menjadi obesitas.

Penelitian yang menarik, mungkin dengan sendok anak sudah mengenal makanan lezat dan mungkin orang tua melebihkan porsinya. ujar Dr. Ellen Townsend, seorang profesor psikologi di University of Nottingham di Inggris.

Ia juga telah mencatat adanya perbedaan dalam tingkat obesitas. Anak-anak yang diperkenalkan makanan pertama dengan tangannya sendiri, mereka akan cenderung memilih makanan sehat. Contohnya saja roti panggang dan pasta yang dipilihnya sebagai sumber karbohidrat.

Sedangkan pada anak yang disuapi saat diperkenalkan makanan, cenderung akan menginginkan makanan manis seperti manisan buah atau permen.

Menyapih memang memiliki dampak yang positif untuk bayi. Mereka bisa menentukan keinginannya untuk membentuk pola makan sehat dan jenis makanan yang bernutrisi. Namun sudah saatnya juga membiarkan sikecil makan dengan tangannya sendiri. tambah Dr. Townsend saat diwawancarai BBC.

Jika si kecil sudah mulai bisa menggenggam berikan saja makanan yang lumat dalam potongan kecil. Roti panggang atau roti tawar, pisang, pasta atau potongan keju.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment