Tuesday, September 11, 2012

MUI Rancang Program Pemberdayaan Ekonomi Halal


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Maraknya praktik kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN) memberikan banyak dampak negatif. Salah satunya adalah kemiskinan yang merupakan dampak dari kebijakan yang tidak pro pada masyarakat miskin. Karenanya, MUI merancang 7 program pemberdayaan ekonomi halal.

Dalam Rakernas MUI baru-baru ini, Dr. Anwar Abbas, ketua MUI mengemukakan beberapa kebijakan tersebut. Yang pertama adalah dengan orientasi Diniyyah atau agama. Maksudnya, MUI mengembangkan pemberdayaan ekonomi dan halal yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.

Yang kedua adalah orientasi Irsyadiah, yaitu MUI mencoba untuk mengingatkan dan mengajak seluruh umat dalam manifestasi amar ma'ruf nahi munkar atau memerintahkan yang baik dan melarang apa yang tidak diperbolehkan. Hal tersebut juga diimplementasikan di bidang ekonomi.

Ketiga, Istijabiah. MUI berupaya untuk memberikan jawaban positif dan responsif terhadap masalah ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat dengan semangat fastabiqul-Khoirot (berlomba-lomba membuat kebajikan). Yang keempat adalah orientasi Hurriyah, yaitu kemandirian dan kebebasan berekspresi dalam segala aspek, termasuk ekonomi.

Kelima, orientasi Ta'awuniyyah yang bertindak atas dasar keinginan membantu sesama dalam kebaikan. Kemudian ada Syuriyyah, di mana diterapkan kesepakatan atau musyawarah untuk mencapai hasil mufakat. Terakhir, ada orientasi Tasamuh, untuk menghadapi perbedaan persepsi yang ada di dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

SUMBER: LPPOM MUI

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment