Sunday, September 9, 2012

Beef Bowl Asli dari Stasiun Ebisu


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Nasi pulen hangat dalam mangkuk ini diberi topping irisan tipis daging sapi dengan semburat lemak di pinggirnya. Bumbu shoyu dan bawangnya sangat menggoda. Kuahnya yang meresap ke dalam nasi membuat one dish meal ini makin lengkap lezatnya. Gotisosama desita!

Resto Jepang yang bertebaran di tiap mall di Jakarta apalagi yang berbentuk fastfood jumlahnya nyaris berlomba dengan mesin ATM. Namun, yang satu ini sedikit berbeda. Warna kuning merah terang bertulisan Kobe Lamptei sangat menggoda. Nama ini mengingatkan saya pada resto yang sama di stasiun Ebisu, Shibuya, Jepang.

Ternyata memang beberapa tahun belakangan ini outletnya sudah mencapai ratusan termasuk yang dibuka di Indonesia. Andalan resto cepat saji ini memang beef bowl. Yang dimaksud dengan beef bowl adalah sajian one dish meal yang terdiri dari nasi putih yang ditaruh dalam mangkuk. Sebagai toppingnya adalah irisan tipis daging sapi dengan bumbu shoyu yang sederhana.

Daftar menu yang ditawarkan juga tak banyak. Untuk beef bowl ada dua pilihan Original Beef Bowl dan Lamptei Beef Bowl. Pilihan lainnya, Chicken katsu dengan saus curry, chicken katsu, chicken teriyaki , original udon dan spicy beef udon. Kalau ingin mencicipi 2 menu bisa memesan paket combo yang berisi paduan ayam dan daging sapi.

Hmm.. tampilan gambar irisan daging yang tipis kecokelatan memanjang sangat menggiurkan. Karenanya saya ingin membuktikan rasa original beef bowl Kobe Lamptei dalam menu paket yang dilengkapi dengan aneka dumpling. Curry Chicken Katsu bowl menjadi menu yang saya pesan karena tergoda dengan lelehan saus karinya yang kental kecokelatan.

Resto yang ditata dengan interior serba kayu dengan warna terang ini memang terasa lebih nyaman karena tak berdesakan. Nama Kobe dipakai dugaan saya karena daging sapi berkualitas yang dihasilkan dari peternakan khusus berasal dari Kobe.

Original Beef Bowl (Rp. 42.727,00) disajikan panas mengepul dalam mangkuk putih, lengkap dengan miso soup dan dumpling gorengnya. Yang pertama terlihat berbeda adalah irisan daging sapinya yang sangat tipis memanjang. Tidak kecil dan terpotong-potong seperti sajian dari resto fast food Jepang umumnya.Saat digigit langsung terasa saus shoyu yang tak berlebihan, gurih dengan semburat wangi bawang.

Sampai saat nasi yang pulen lembut teraduk di bagian bawah, sausnya pun meresap sempurna. Nasi yang kecokelatan ini rasanya makin gurih enak. Rasa bumbu dan daging yang lebih alami langsung membuat saya suka dengan beef bowl ini. Apalagi setelah disuap dengan irisan gari (acar jahe muda) yang segar pedas.

Dumpling yang jadi pelengkapnya terdiri dari ebu furai, dumpling goreng dan cheesy ball juga tak mengecewakan. Ebi furainya garing renyah, dumpling yang berisi adonan ayam dan daun bawangpun tidak terlalu kering. Demikian juga dengan cheesy ball yang mungil, garing dan enak. Hmm..sangat mengenyangkan ternyata paket ini.

Curry Chicken Katsu Bowl (Rp. 33.636,00) lebih menggiurkan karena uap bumbu karinya langsung tercium wangi menusuk hidung. Disajikan dalam piring cekung. bagi dalam dua sisi. Satu sisi berisi kuah kari yang kental kecokelatan dan sisi yang satu berisi nasi putih dengan topping chicken katsu.

Slruup... dalam suapan pertama, langsung terasa tonjokan lembut saus karinya. Seperti umumnya kari Jepang yang berwarna kecokelatan dan kental, kari inipun dilengkapi potongan kecil kentang, wortel dan bawang bombay. Gurih, dengan rasa sayuran yang renyah dan sapuan saus yang kental dan wangi.

Chicken katsu yang dilapisi adonan tepung panir yang renyah ini berupa irisan fillet ayam yang melebar. Rasa krenyes renyah ayam inipun jadi enak dengan lumuran saus karinya. Apalagi nasi putihnya pulen dan empuk. Porsi nasi, saus kari dan chicken katsu ini terasa pas, tak berlebihan.

Kobe Lamptei

Gandaria City Lantai 2

Jl. Iskandarsyah

Jakarta Selatan

Telepon: 021-29053326

(odi/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment