Tuesday, September 4, 2012

Empuk Manis Imagawayaki, Pancake Panggang dari Jepang


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Dessert memang identik dengan rasa yang manis dan tekstur empuk lembut. Seperti yang satu ini, adonan lembut setelah dikukus berisi pasta kacang yang manis. Kue manis ini hanya bisa dijumpai di Jepang dan Taiwan.

Imagawayaki merupakan dessert tradisional Jepang namun bisa juga dijumpai di Taiwan. Kue ini paling sering ditemukan saat festival. Adonan kue ini mirip seperti kue dorayaki yang dipanggang seperti pancake diatas loyang bulat berukuran kecil dan ada juga yang dibentuk ikan. Bedanya kue ini berupa dua buah pancake yang ditumpuk.

Saat kue setengah matang, bagian tengahnya diisi dengan pasta kacang merah kemudian ditutup dengan adonannya lagi. Kue Imagawayaki bisa juga diisi karamel, buah, kari, daging dan sayuran. Kue ini bisa disajikan dingin, namun ada juga yang suka menyantapnya selagi panas.

Mulanya Imagawayaki dijual oleh Kanda Imagawabashi ditahun 1772-1781. Sejak itu nama Imagawayaki diberikan pada kue ini yang artinya kue imagawa panggang. Saat festival musiman di Jepang kue ini tak ketinggalan disajikan. Camilan yang legit init disukai oleh semua kalangan.

Hingga saat ini Imagawayaki masih diburu masyarakat Jepang. Rasa dan teksturnya yang khas membuat banyak orang yang rindu dengan kehadiran kue ini. Jika mampir kenegeri sakura jangan lupa mencicipi Imagawayaki.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment