Monday, September 17, 2012

Huahhh! Disengat Pedas Segar Pari Bakar Rica


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Buat penyuka hidangan pedas pastinya bakal ketagihan dengan aneka masakan di restoran Manado ini. Ada aneka ikan bakar bumbu rica plus woku balanga yang hangat gurih. Ditambah sambal dabu-dabu wah... lidah pun menari-menari kepedasan dibuatnya!

Sudah lama saya tidak menikmati hidangan Manado, sampai kemarin akhirnya saya nekat menyambangi 'Sarang Oci'. Restoran yang satu ini bernama cukup unik ini terletak di Jl. Panjang, Jakarta Barat. Beberapa komentar positif tentang restoran ini membuat saya makin yakin melenggang masuk ke dalam restoran.

Restoran ini berukuran tidak terlalu besar. Di bagian depan hanya ada beberapa meja ditambah area kanan yang rupanya cukup luas. Menu ikan rupanya tampak mendominasi dengan berbagai pilihan cara memasak seperti digoreng rica, dibakar rica, woku blanga, dan kuah asam. Selain itu ada aneka menu seafood lainnya seperti cumi, udang, serta sayuran seperti garo bunga pepaya yang sedap.

Hidangan dari Manado terkenal karena rasanya yang dominan pedas dan berbahan serba segar. Untuk menjajal kepedasan rica di 'Sarang Oci', kali ini sengaja saya tidak memesan ikan tude melainkan ikan pari. Sedangkan untuk Woku Belanga memakai ikan garopa alias kerapu. Untuk pendampingnya, seporsi tumis kangkung bunga pepaya dan perkedel jagung. Untuk dabu-dabu ternyata tak perlu dipesan karena sudah merupakan bagian dari menu, wah asyik juga!

Sambil menunggu pesanan kami pun menikmati balapis dan panada dengan isian ikan cakalang fufu. Panadanya masih hangat dengan isian cakalang rica yang pedas-pedas enak dan adonan roti yang lembut. Sedangkan balapisnya teksturnya lembut dengan rasa manis yang tidak terlalu berlebihan.

Pas setelah kue-kue di piring habis, hidangan pesanan saya pun mulai berdatangan. Pertama-tama perkedel tiba disajikan dengan keranjang mungil dan semangkok sambal dabu-dabu. Wah perkedel mantap dan padat, jagungnya mentul-mentul dan krenyes manis saat digigit. Si perkedel pun langsung saja jadi favorit nyam nyam...!

Ikan Garopa Woku belanga disajikan dalam mangkuk putih besar yang masih kemepul panas. Kuahnya yang kekuningan agak kental dengan rempah-rempah royal dan sembulan daun bawang serta daun kemangi. Rasa cabai, bawang, kemiri semuanya tampil seimbang dengan kuah wangi yang gurih-gurih pedas. Ikan garopa juga terasa kenyal lembut segar.

Namun yang jadi favorit saya adalah Ikan Pari Bakar Rica. Bumbunya rica yang merah garang cukup tebal menyelimuti daging ikan pari bagian sirip yang bertekstur halus dan sedikit berminyak. Ada kenikmatan tersendiri saat menikmati daging tipis yang melekat diantara duri-duri ikan yang lunak langsung dengan menggunakan tangan.

Kangkung Bunga Pepaya yang dimasak dengan ebi pun makin menyempurnakan santap siang ini. Ikan bakar tersebut makin tak bersisa saat dinikmati bersama dabu-dabu lilang yang segar dan pedas. Huah... huah tak sadar keringat pun mulai berlelehan. Segelas es teh manis sedikit melegakan setruman si rica dan dabu-dabu lilang yang dahsyat.

Soal harga dibandingan restoran Manado lainnya, disini harganya cukup reasonable. Seporsi besar Woku Blanga yang bisa dinikmati 3-4 orang dihagai Rp 58.000,00 dan Ikan Bakar Rica Rp 36.000,00. Setengah porsi perkedel jagung yang berisi 3 buah Rp 16.500,00 plus Kangkung Bunga Pepaya Rp 24.000,00.

Sarang Oci

Jl. Raya Panjang No.99

Arteri Kelapa Dua

Jakarta Barat

Telp: 021-5329791

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment