Monday, September 17, 2012

Slruup! Margarita, Si Manis Segar dari Meksiko


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Minuman dingin dan manis emang paling enak dinikmati saat siang hari. Seperti minuman menyegarkan yang satu ini. Dibuat dari jus lemon atau orange liqueur dan dicampur es batu. Cocktail populer ini juga digemari oleh orang Amerika Serikat.

Margarita merupakan salah satu minuman khas dari Meksiko. Cocktail yang asam segar ini rasa jeruknya sengat kuat. Biasanya berwarna biru karena dicampur dengan Blue Curacao, jus buah-buahan segar juga bisa ditambahkan kedalam margarita.

Selain rasa jeruk, varian lainnya seperti melon dan raspberry juga tersedia. Air jeruk nipis juga ditambahkan untuk memperkuat asam segarnya. Di Amerika Serikat, margarita sering dicampur dengan air Persia limes. Namun di negara asalnya sendiri dibuat dari Mexican lime.

Lemon yang berasal dari Amerika Serikat dan Meksiko berbeda rasanya. Umumnya yang dari Meksiko lebih asam dan sedikit pahit dibanding dengan Persia limes. Margarita yang dibuat dari lemon rasa asamnya cenderung lebih lembut, apalagi jika menggunakan Meyer limes.

Cocktail yang disajikan sejak Oktober tahun 1941 ini dibuat langsung oleh seorang bartender bernama Don Carlos Orozco. Minuman ini jadi terkenal gara-gara seorang putri duta besar Jerman, Margarita Henkel yang tinggal di Rancho Hamilton.

Mulanya sang bartender menawarkan minuman racikannya kepada Margarita Henkel. Dia mencampurkan tequila, orange liqueur dan lemon. Kemudian ditambahkan es ke batu. Minuman ini disukai oleh Margarita dan menyandang namanya hingga sekarang,

Penyajian margarita berbeda-beda, bisa disajikan dalam gelas kaca atau dalam gelas champagne klasik. Namun dalam acara formal margarita sering disajikan dalam gelas cocktail standar. Sedangkan dalam acara informal disajikan dalam gelas kuno dan ditambahkan batu es.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment