Monday, September 17, 2012

Mana Pais Ikan Mas Tulang Lunak yang Paling Gurih?


Rekomendasi Redaksi

Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Pepes atau pais ikan khas Sunda memang tak ada tandingnya. Rasanya gurih enak dengan bumbu iris yang sudah meresap ke dalam daging ikan. Aroma daun salam, serai dan jahe beradu dengan daun pisang yang wangi. Disuap dengan sepiring nasi putih hangat, plus sambal yang pedas mantap. Aih... Nikmat!

Pepes alias pais merupakan salah satu hidangan khas Jawa Barat yang populer. Pepes biasanya dijual dengan harga yang agak mahal. Wajar, karena proses pembuatan pepes cukup memakan waktu minimal 4 jam. Belum bumbunya yang komplet. Ada kunyit, lengkuas, daun salam, serai, bawang merah, bawang putih, juga cabai merah, cabai rawit, tomat dan kemangi.

Bumbu pepes Sunda biasanya diiris tipis dan tidak ada yang dihaluskan. Ikan air tawar terutama ikan mas menjadi bahan utama pepes ini. Setelah dibumbui dan dibungkus biasanya dikukus dalam waktu yang lama sehingga bumbunya meresap dan tulang ikan mas menjadi lunak.

Kini pepes mulai dijual dengan versi tulang lunak. Di Jakarta, ada dua nama penjual pepes yang terkenal gurih lezat. Keduanya mengusung konsep yang sama, yaitu pepes tulang lunak. Pertama, detikFood mencicipi pepes ikan mas PeTuLu (Pepes Tulang Lunak). Praktis saja, tinggal angkat telepon, sebutkan pesanan dan pepes segera diantarkan langsung ke alamat. Lokasi penjualannya sendiri berada di daerah Bintaro.

Pepesnya dikemas dalam daun pisang, kemudian dilapisi kembali dengan alumunium foil. Di sisinya ada sambal merah dalam wadah plastik mungil. Begitu daun pisangnya disingkap, langsung terlihat limpahan rempah mengelilingi ikan. Mulai dari daun kemangi, irisan serai, daun salam, juga lengkuas. Aromanya gurih wangi rempah menyerbu hidung.

Ikan mas buatan PeTuLu sudah dibelah bagian tengahnya. Belahannya diisi irisan jahe, serai, dan kemangi. Di bagian luarnya juga dilapisi irisan rempah yang sama. Meskipun penampilannya sedikit berantakan, namun aroma rempahnya sangat menggoda!

Sesuai namanya, PeTuLu alias pepes tulang lunak ini benar-benar lunak dan enak! Tekstur ikannya lembut agak basah dengan rasa gurih-gurih manis. Warna daging ikannya kuning pucat. Tulang tengah ikan empuk gurih. Semuanya lunak, nyaris tak ada yang tersisa daging dan tulangnya.

Pepes ikan ini begitu pas berpadu dengan sambal merahnya. Rasanya pedas manis gurih, cocok disuap bersama ikan dan nasi hangat. Sayangnya, porsi sambal begitu mini, kontras dengan besar ikannya. PeTuLu tersedia dengan ukuran 300 gram (Rp. 40.000) dan 500 gram (60.000), belum termasuk ongkos kirim.

Kemudian kami mencoba pepes ikan mas Majalaya. Pepes legendaris ini sebelumnya sudah terkenal di Bandung, namun ada cabangnya di daerah Senopati Jakarta. Tersedia dalam ukuran 500, 700 dan 800 gram, dengan harga Rp. 32.500, Rp. 45.500, dan juga Rp. 52.000.

Pepesnya dibungkus di dalam daun pisang, lalu dilapisi dengan kertas warna coklat berukuran besar, lalu dikemas dalam kotak. Di sisinya sudah ada sambal berwarna coklat gelap dan acar. Begitu dibuka, ikannya tampak masih utuh sempurna. Di sekelilingnya terdapat daun salam, serai, jahe, lengkuas, juga irisan tomat.

Dari tampilannya, bisa ditebak jika Majalaya menggunakan ikan mas segar. Daging ikannya tidak hancur dan tetap padat kokoh teksturnya. Sari-sari rempahnya sudah begitu menyatu dengan ikan, membuat ikannya wangi gurih. Meskipun rempahnya tak sebanyak pepes ikan Petulu.

Begitu disuap dengan nasi, wouuw.... gurih enak! Rasanya gurih semburat manis dengan aroma khas daun serai dan daun salam yang wangi enak. Tak tercium aroma anyir ikan. Teksturnya kering karena sudah dipres dalam pemasakannya. Rasanya gurih enak hingga ke bagian tulang yang lembut.

Bagaimana jika dipadukan dengan sambalnya? Hmm, sambal ini punya tampilan 'sangar' cokelat gelap dan tampak begitu pedas, dengan aroma terasi yang kuat. Wah, ternyata lumayan pedas menyengat Untungnya porsi sambalnya pas dengan besar ikannya. Tak butuh waktu lama, ikan tulang lunak Majalaya langsung ludes!

Untuk yang suka pepes dengan tekstur agak basah, pepes ikan Petulu bisa dipilih. Selain itu, pembeliannya juga lebih praktis karena melayani pesan antar. Namun jika suka menyantap pepes yang kering dan gurih enak, pepes ikan Majalaya kami rekomendasikan. Nah, Anda tertarik membeli yang mana?

PeTuLu

Superindo Sektor 1 Bintaro Jaya (Plaza Bintaro Satoe)

Giant Sektor 2 Bintaro Jaya

Telp: 0815 9944 614 / 021-7362560

Pepes Ikan Mas Majalaya

Jl. Golf Barat Raya No. 40

jl. Bakti 1 (Senopati) No. 9

Kebayoran Baru Jakarta

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment