Sunday, September 2, 2012

Kadar Kolesterol Meningkat? Ngemil Saja Biji Labu Kuning!


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Labu kuning memang selalu jadi primadona saat puasa.Bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat seperti, kue, puding dan kolak. Bukan hanya daging buahnya, biji atau kuaci labu kuning juga berkhasiat hebat meredam kolesterol darah.

Labu diketahui sebagai sayuran rendah kolesterol. Karena itu, juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Tak hanya buahnya, biji yang ada di dalamnya punya manfaat yang lebih untuk kesehatan.

Biji labu diketahui dapat menurunkan risiko kanker prostat. Mulanya biji ini akan mengurangi perkembangan hipertrofi prostat jinak yang menyebabkan kanker prostat. Selain itu, kandungan zinc di dalamnya diketahui dapat mencegah osteoporosis dan arthritis.

Komponen kimia pitosterol hadir di dalam biji labu. Komponen ini memiliki kemampuan untuk menghisap kolesterol dan keluar dari tubuh. Biji labu juga mengandung antioksidan sama halnya dengan buah berry.

Tidak hanya itu, biji labu juga mengandung vitamin B kompleks, L-triptofan yang dapat meningkatkan suasana hati, mencegah terjadinya batu ginjal, dan memerangi cacing pita ditubuh. Untuk perawatan kecantikan, biji ini dapat membuat kulit tetap cantik dan bercahaya.

Bagi Anda yang vegetarian, bisa tambahkan biji labu kedalam daftar makanan sebagai sumber protein. Jika setiap hari mengkonsumsi biji labu sebanyak 100 gram, Anda akan mendapatkan 54 persen kalori dari kebutuhan harian Anda.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment