Friday, September 7, 2012

Kedubes AS Gelar Demo Masak Bersama Chef Mary Cech


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Kamis (6/9), Dinas Pertanian Luar Negeri Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menggelar demo masak. Bertempat di Nusantara Ballroom The Dharmawangsa, acara ini dihadiri oleh Chef Mary Cech, Chef Jill Sandique, serta anggota USDA Council of Chefs Indonesia.

Chef Mary Cech adalah salah satu pengajar pastry ternama di Amerika Serikat. Ia disebut-sebut sebagai 'Pastry Chef of the Year' oleh organisasi Chefs in America dan masuk daftar 10 besar pastry chef di Amerika versi majalah Chocolatier. Saat ini, Mary menjabat sebagai Senior Pastry Supervisor di JW Marriott Desert Ridge Resort and Spa di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

Di acara 'Innovative Baking Creation 2012' kemarin, Mary membagi lima resep kue yang menggunakan buah dan kacang-kacangan dari Amerika Serikat. Jika dessert umumnya manis, Mary justru senang membuat savory dessert atau kue gurih dari bumbu. Ia mempraktikkan resep kue sehat dengan alternatif bahan baku bernutrisi, mengurangi takaran gula, serta membuat kue bebas gluten.

Seperti 'Sour Cream US Medjool Date Spirals' yang terasa renyah di luar dan lembut kenyal di dalam. Cookies ini menggunakan kombinasi tepung gandum utuh dan tepung kacang polong, sehingga lebih kaya protein dan serat. Rasa manisnya didapat dari kurma yang dibuat selai beraroma rosemary.

Untuk yang alergi dengan gluten atau menderita celiac disease, Mary membagikan resep 'Gluten-free US Walnut Brownies'. Bahan-bahannya cukup mudah didapat, membuatnyapun gampang. Hasilnya adalah brownies yang tak manis namun aman bagi penderita alergi gandum.

Sedang diet tapi ingin ngemil? 'US Dried Fruit dan Fennel Biscotti' mungkin cocok untuk Anda. Biskuit ini terbuat dari buah-buah kering seperti cranberry, aprikot, dan kismis. Pas disantap saat minum teh atau kopi.

Dua resep lainnya adalah 'US Almond Pumpkin Spice Loaf' dan 'Milk Chocolate US Pea Cake with Coconut Pecan Frosting'. Yang pertama seperti bolu dengan aroma rempah dari kayu manis, jahe, pala, dan cengkeh. Yang kedua terlihat seperti cupcake mungil dengan rasa cokelat dan olesan kelapa.

"Kalau adonan tidak memakai gula, jangan dipanggang hingga kering sekali. Nanti bukannya jadi renyah, malah keras dan alot," saran Mary. Makanya, cookies yang ia buat bertekstur semi-renyah.

Mary didampingi Chef Jill Sandique, Lead Trainer and Program Director Council of Chefs (CoC) Filipina. Jill mempromosikan kacang-kacangan asal Amerika Serikat, mulai dari jenis, cara mempersiapkan, hingga tips mengolahnya.

Anggota USDA CoC Indonesia hadir sebagai tuan rumah. Organisasi ini terdiri dari tiga chef ternama dengan keahlian berbeda, yakni Chef Haryanto Makmoer (baking), Ucu Sawitri (pastry), dan Vindex Tengker (hot food).

"Dengan digelarnya program ini, kami ingin menunjukkan bahwa ada beragam bahan pangan dari Amerika Serikat yang bisa dibuat roti atau kue," jelas Ali Abdi, perwakilan dari USDA tentang tujuan 'Innovative Baking Creation 2012'.

CoC merupakan salah satu upaya mendorong perdagangan antara perusahaan Indonesia dan Amerika Serikat. Program ini mengenalkan produk-produk pangan Amerika Serikat melalui demo masak, pelatihan bagi pelanggan, pengembangan resep dengan bahan-bahan lokal, serta pembagian sampel bagi konsumen. Tujuannya akhirnya adalah meningkatkan perdagangan dan investasi lebih luas dalam kemitraan komprehensif antara Amerika Serikat dan Indonesia.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment