Friday, September 7, 2012

Pemintaan Produk Halal Dunia Meningkat


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Warga muslim yang tersebar di seluruh dunia membuat pasar halal juga turut berkembang. Kini populasi umat Islam di dunia didominasi oleh pria dan wanita usia muda, berpendidikan cukup, sadar akan perkembangan fashion, dan juga mengikuti perkembangan teknologi.

Populasi muslim secara global kini ada sekitar 1.6 miliar, dan diperkirakan pada tahun 2020 jumlahnya bertambah menjadi 1.9 miliar jiwa. Muslim terbanyak ada di wilayah Asia Pasifik dan juga Afrika, namun di negara-negara barat, penyebaran populasi umat muslim juga makin berkembang.

Perkembangan ini juga ditunjang dengan semakin banyaknya produk bersertifikasi halal. Sertifikasi ini memberikan kepastian bagi para pembeli jika produk yang dipilihanya tersebut dibuat dengan proses pengolahan yang benar, efisien, berkualitas, dan memenuhi standar produk makanan halal.

Ada 3 alasan mengapa produk halal menjadi penting. Yang pertama, pasar halal global kini nilainya mencapai 2.1 triliun dollar. Karenanya, sertifikasi halal menjadi pertimbangan perusahaan sebagai kesempatannya meningkatkan penjualan. Kedua, target market produk halal diperkirakan akan terus naik hingga sekitar 30%. Tentu mereka merupakan pasar yang sangat potensial.

Yang terakhir,permintaan akan produk halal juga meluas di kalangan non-muslim, karena alasan lebih terjamin kualitas dan prosesnya. Tak cuma dari segi makanan halal, namun aturan perbankan sesuai kaidah Islam juga makin diminati.

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment