Wednesday, September 12, 2012

Mantan Manajer Peternakan Akui Bersalah Atas Telur Tercemar


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Telur memang sering dikaitkan dengan wabah salmonella terutama jika dikonsumsi mentah. Seperti di peternakan ini, telur yang terjangkit salmonella pada tahun 2010 telah dijual bebas. Sang manager peternakanpun mengaku salah atas kasus ini.

Seperti yang dilansir HuffingtonPost, seorang mantan manajer peternakan di DeCoster Farms, Tony Wasmund mengaku bersekongkol dengan orang lain untuk menyuap pejabat publik untuk menyetujui penjualan telur berwabah.

Pria berusia 61 tahun ini adalah mantan manajer agribisnis terkemuka di Asia, Wilmar International Limited. Jaringan perusahaan ini dimiliki oleh Jack DeCoster.

Apa yang saya katakan ada hubungannya dengan pemerintah. Hasil dari kesepakatan antara dua belah pihak sudah diajukan untuk ke persidangan. ujar Richard M. Kerger, pengacara Washmund. Dia juga mengatakan bahwa kliennya memiliki tanggung jawab pengawasan di beberapa perusahaan DeCoster, termasuk di Wright County.

Kejadian penyuapan ini terjadi pada bulan April 2010. Dimana Wasmund memberikan $ 300 atau Rp. 2.700.000 dan dimasukkan pada tas kecil untuk menyuap Department of Agriculture yang ditugaskan untuk mengawasi DeCoster's Wright County Egg.

Sayangnya dokumen kejadian ini tidak diberikan secara rinci dan jelas, mengenai siapa saja yang terlibat kasus suap ini. Dalam berkas juga tidak disebutkan tentang wabah salmonella. Jaksapun meminta untuk dilengkapi dokumen dipersidangan selanjutnya.

Kabarnya Wasmund juga telah menyadari sumber wabah salmonella berasal dari kandang ayam di DeCoster sejak beberapa bulan sebelumnya. Sebuah laboratorium di Iowa State University juga telah mengirimkan laporan ke Wishmund pada bulan Mei 2010, bahwa salmonella juga menjangkiti ayam.

Pria inipun dikenai hukuman penjara selama lima tahun, karena telah melanggar Undang-Undang Pangan, Obat dan Kosmetik.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment