Wednesday, September 5, 2012

Menuju Kota Halal, Kota Bogor Terus Berbenah


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Sosialisasi halal tak cuma jadi tanggung jawab MUI. Seluruh lapisan masyarakat, termasuk swasta dan pemerintahan, juga punya peran tersendiri. Hal itulah yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kota Bogor yang turut menyukseskan upaya menjadikan Bogor sebagai Kota Halal.

Selama ini, Bogor dikenal sebagai kota tujuan wisata kuliner stategis di wilayah Jabodetabek. Sebagai destinasi liburan dan kuliner, Bogor dituntut untuk menyediakan aneka produk yang telah dijamin kualitas dan kehalalannya.

Hal tersebut juga menjadi salah satu langkah terpenting untuk mewujudkan rencana menjadikan Bogor sebagai kota halal. Label Kota Halal sendiri sebenarnya bukan berarti semua produk yang beredar haruslah halal. Namun produk halal yang sudah ada haruslah diberi kejelasan label yang jelas. Hal itu tentu memudahkan masyarakat untuk mengenali dan memilih produk halal yang dibutuhkan.

Salah satu upayanya adalah dengan diselenggarakannya Pelatihan Produk Pertanian Halal. Program ini berisi pelatihan halal dan praktek kerja lapangan ke perusahaan yang sudah mendapat Sertifikat Halal MUI. Pesertanya adalah pelaku usaha di kota Bogor yang mengelola dan menghasilkan produk pangan dari hasil pertanian.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment