Wednesday, September 19, 2012

Nyam... Lentur Creamy Fettuccine Alfredo


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Fettuccine Alfredo jadi menu lezat yang bisa ditemui di kebanyakan restoran Italia. Sajian ini punya karakteristik tersendiri, yang memadukan fettuccine yang lembut lentur dengan mentega dan keju yang meleleh lembut dan creamy. Nyam!

Menu ini diambil dari nama seorang Italian restauranteur bernama Alfredo Di Lelio, pemilik restoran Via della Scrofa di Roma. Lelio membuat fettuccine alfredo pertama kali sekitar tahun 1914. Setelah 98 tahun, menu pasta ini tetap digemari orang di dunia.

Sebenarnya, di Italia, pasta dengan lelehan keju dan juga butter sudah ada jauh lebih lama sebelum dibuatnya fettuccine alfredo. Lelio kemudian mempromosikannya di restorannya, dan membuat namanya turut digunakan dalam nama menu lezat ini.

Meskipun bergaya Italia, namun fettuccine alfredo justru tidak dikenal di Italia dan Eropa. Nama fettucine alfredo kebanyakan digunakan di restoran khas Italia di Amerika.

Umumnya, fettuccine alfredo dibuat dengan menggunakan keju parmesan. Ada juga yang menambahkan keju asiago ataupun keju romano untuk memperkuat rasanya. Selain itu, ditambahkan juga topping daging ayam, sayuran, juga udang agar rasanya lebih nikmat dan bergizi.

Untuk membuat pasta lezat ini, rebus pasta fettuccine hingga matang. Kemudian lelehkan mentegadi atas api kecil, lalu tambahkan krim sambil tetap diaduk hingga mendidih. Kemudian masukkan pasta yang sudah direbus, dan tambahkan keju parmesan parut sambil tetap diaduk.

Nah, fettucine siap disajikan. Agar lebih menggugah selera, tambahkan lada hitam bubuk ataupun sedikit bubuk pala di atasnya. Hmmm..makin asyik jika dimakan selagi hangat!

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment