Thursday, September 6, 2012

Rawon Juara Bandara


Bondan Winarno - detikFood Jakarta - Anda pasti sering tiba di Bandara Soekarno-Hatta dalam keadaan lapar. Kemacetan lalu lintas. Buru-buru karena khawatir terlambat. Dan berbagai alasan lain. Untungnya, di setiap terminal di bandara selalu ada tempat makan yang dapat menjadi tujuan.

Bila Anda penggemar rawon, ada dua rekomendasi saya. Karena kita lebih sering mengutamakan check in terlebih dulu, baru kemudian bersantai mencari makan sambil menunggu saat keberangkatan, maka rekomendasi saya yang pertama adalah Cafe Ningrat. Begitu Anda selesai check in dan berjalan menuju pintu pemberangkatan, Anda akan dengan mudah menjumpai kafe yang satu ini.

Di antara road warriors yang sering melintasi Bandara Soetta, Cafe Ningrat memang sudah tidak asing lagi. Sop buntutnya juara. Begitu pula rawonnya. Bagi saya, rawonnya sungguh tidak mengecewakan. Harganya cukup mahal, Rp 53 ribu per porsi, lengkap dengan sepiring nasi, krupuk udang, setengah telur asin, kecambah, dan sambal trasi.

Kuah rawonnya gurih, dengan tendangan kluwek yang menohok. Penggemar rawon hardcore pastilah terpuaskan dengan citarasa intens seperti ini. Potongan daging di dalamnya pun besar-besar, empuk, dengan porsi murah hati. Karena kuahnya yang benar-benar top markotop, tidak perlu lagi ditambahi bawang goreng maupun daun bawang. Bila suka, bisa dibubuhi perasan jeruk nipis-lemon yang disertakan. Resep rawonnya sendiri sudah menggunakan daun jeruk purut yang menciptakan citarasa dan aroma khas.

Yang juga saya sukai adalah bahwa telur asinnya selalu berkualitas baik. Bagian kuningnya berwarna jingga, dan berminyak. Masir! Sambal trasinya juga dahsyat. Paket nasi rawon Ningrat ini sungguh-sungguh mendekati kesempurnaan. Hebatnya lagi, selama belasan tahun mutunya terjaga dengan baik.

Selain sop buntut dan rawon, Ningrat menyediakan nasi goreng, mi goreng, bubur ayam, ketupat sayur, dan nasi rames dengan berbagai pilihan lauk siap saji.

Kalau anggaran Anda terbatas, ada rawon yang lebih murah. Setelah check in, Anda harus keluar lagi ke serambi Hal Keberangkatan, antara Terminal E dan F. Cafe Laras juga populer, khususnya di kalangan para penjemput dan pengantar tamu karena letaknya di luar Check In Area. Karena lokasinya, harga-harga di Cafe Laras juga lebih murah dibanding Ningrat. Paket nasi rawonnya dibandrol dengan harga Rp 28 ribu saja.

Tentulah tidak adil membandingkan rawon Rp 53 ribu dan Rp 28 ribu. Tetapi, sayangnya, saya juga menduga sudah terjadi perubahan manajemen di Cafe Laras ini karena kualitas rawonnya tidak lagi sebaik di masa lalu. Irisan dagingnya pun tentu saja tidak sebanyak yang dibandrol Rp 53 ribu. Laras juga menyediakan berbagai makanan lain, dengan menu yang hampir serupa dengan Ningrat.

Setidaknya, tergantung kondisi dompet, ada dua pilihan rawon yang dapat memuaskan Anda di Bandara Soetta.

Ningrat

Bandara Soekarno-Hatta

Check In Area

Annex F Keberangkatan

Laras

Bandara Soekarno-Hatta

Terminal 2

Serambi Depan Keberangkatan

(odi/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment