Monday, September 10, 2012

Resto Ini Raih Skor Sempurna di The Good Food Guide 2013


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - L'Enclume di Cumbria, Inggris, mungkin tak setenar Restaurant Gordon Ramsay di London. Namun, diam-diam L'Enclume berhasil mendapat skor sempurna di buku panduan kuliner The Good Food Guide 2013. Apa yang membuatnya begitu hebat?

Setiap tahun, The Good Food Guide mengeluarkan daftar restoran terbaik di Inggris. Penilaian dilakukan secara independen oleh sekelompok sukarelawan secara diam-diam dan tanpa biaya iklan maupun sponsor.

Senin (3/9) lalu, The Good Food Guide melansir edisi 2013, dan L'Enclume mendapat skor 10 dari 10. Angka sempurna yang diberikan buku panduan tersebut dianggap sebagai salah satu penghargaan terbaik di dunia kuliner.

Apalagi, sejak sistem ini diperkenalkan pada 1998, hanya ada 7 restoran yang pernah mendapat penilaian tanpa cacat. Salah satunya adalah Restaurant Gordon Ramsay yang kini ratingnya telah turun serta Oak Room milik Marco Pierre White yang sudah tutup.

The Good Food Guide mendefiniskan pengalaman makan di L'Enclume sebagai 'perfectly choreographed experience'. Menurut Daily Mail, menu yang ditawarkan tergolong inovatif, misalnya 'Goose and Chestnut Chipolatas'. Tak heran, pada 2008 L'Enclume pernah mendapat satu bintang Michelin.

Poin 10/10 terakhir didapat oleh Fat Duck, restoran milik Heston Blumenthal di Berkshire, pada 2006. Restoran tersebut kini masih memimpin sebagai yang terbaik di Inggris, diikuti oleh L'Enclume selama dua tahun berturut-turut.

L'Enclume didirikan pada 2003 oleh Simon Rogan dan Penny Tapsell. Letaknya di bangunan bekas bengkel pandai besi kuno, di bagian Inggris yang relatif sepi. Sejak 2010, semua bahan pangan berasal dari perkebunan organik milik Rogan. Resepnya disempurnakan di sebuah dapur bernama Aulis.

"Selama beberapa tahun terakhir, kami telah memperbaiki insfrastruktur restoran, mulai dari rute suplai, meningkatkan produksi perkebunan, cara menggunakan bahan pangan, mempersiapkan fasilitas riset dan pengembangan, serta memberikan pelatihan pada para staf," jelas Rogan yang pernah diajar oleh Marco Pierre White, bapak kuliner modern.

Rogan menambahkan bahwa kombinasi hal-hal tersebut didukung oleh lokasinya yang magis, bertempat di sebuah gedung berumur 800 tahun yang indah, plus kisah unik perjalanan sebuah hidangan hingga sampai ke tangan pelanggan.

Tahun lalu, Rogan memenangkan acara TV Great British Menu untuk kategori dessert terbaik. Selain L'Enclume, pria berusia 44 tahun ini juga memiliki restoran pop-up (beroperasi sementara jika ada festival) bernama Roganic di London, serta restoran Rogan & Company.

Di bawah Fat Duck dan L'Enclume, restoran Sat Bains di Nottingham dan Restaurant Gordon Ramsay di London menempati peringkat tiga dan empat secara berurutan dalam The Good Food Guide 2013.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment