Friday, September 14, 2012

Teh Hijau Mampu Sembuhkan Kanker Kulit


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Penyebab kanker kulit terjadi karena terpaparnya sinar ulltraviolet dari matahari ke kulit. Dalam temuan baru para ilmuan, diketahui kanker kulit bisa diobati dengan teh hijau. Teh ini mampu meredam pertumbuhan kanker kulit.

Tim peneliti dari University of Strathclyde, berhasil menemukan obat kanker kulit dengan persentase sekitar 40%. Senyawa-senyawa kanker yang disebut epigallocatechin gallate akan hilang perlahan. Studi ini berhasil dibuktikan dalam sebuah laboratorium. Teh mengandung protein yang membawa zat besi, dimana sel kanker akan mati.

Teh hijau memang dikatahui bersifat sebagai anti kanker. Sebelumnya peneliti juga telah menemukan teh hijau efektif menyusutkan tumor. Selain itu juga pernah diteliti, teh hijau untuk melawan kanker, namun hasilnya gagal karena ilmuan menggunakan infus.

Kali ini berdasarkan tes laboratorium pada salah satu jenis kanker kulit manusia. Hasilnya menunjukkan sebanyak 40 % responden sakitnya membaik dan menghilang setelah selama sebulan diberikan teh hijau. Penyusutan kanker ini diperkirakan sekitar 30 persen.

'Ini adalah hasil yang menggembirakan, kami berharap bisa membuka jalan dalam pengobatan kanker secara efektif,' ujar Dr. Christine Dufes, seorang doosen senior di Strathclyde Institute of Pharmacy dan Biomedical Sciences, sekaligus pemimpin penelitian. Hasil penelitian ini juga telah dipublikasikan dalam jurnal Nanomedicine.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment