Tuesday, September 4, 2012

Ternyata Makanan Organik Sama Nutrisinya Dengan Makanan Biasa


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Keamanan konsumsi makanan organik telah menjadi perbincangan sejak lama. Makanan organik memang diketahui tidak mengandung pestisida. Namun, apakah makanan ini punya manfaat lebih? Tim peneliti dari Stanford University telah berhasil membuktikannya.

Makanan organik telah menjadi incaran beberapa orang yang melakukan hidup sehat. Buah, sayur, susu hingga daging organik sudah mudah didapatkan di swalayan besar. Ukurannya jauh lebih besar dan lebih segar dari jenis yang biasa dan dikemas dalam plastik transparan.

Penelitian ini dipimpin oleh Bravata, seorang senior di Stanford's Center for Health Policy, bersama dengan Crystal Smith-Spangler, MD, MS, seorang instruktur di Division of General Medical Disciplines sekaligus Dokter penyidik di VA Palo Alto Health Care System. Mereka melakukan studi untuk membandingkan makanan organik dengan makanan biasa.

Pada penelitian ini mereka tidak menemukan bukti yang kuat bahwa makanan organik benar bergizi, atau membawa keuntungan lebih untuk kesehatan. Meskipun makanan ini dinyatakan bebas pestisida.

Tidak ada banyak perbedaan antara makanan organik dengan makanan biasa, namun Anda bisa membuat keputusan sendiri untuk menentukan makanan sehat Anda, ujar Dena Bravata, MD, MS, seorang penulis penelitian senior.

Penelitian ini melibatkan beberapa responden yang dipilih secara acak, dari populasi yang melakukan diet organik dan diet biasa. Studi ini kemudian dibandingkan berdasarkan tingkat zat gizi dan kontaminasi bakteri seperti jamur atau pestisida di setiap produk yang dimakan.

Setelah data dianalisa, para peneliti menemukan tidak ada perbedaan yang konsisten terlihat dengan jelas. Hanya ada satu nutrisi lebih yang ada pada makanan organik yaitu fosfor dan nilainya lebih tinggi.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment