Friday, November 9, 2012

Bikin Popcorn Sambil Melatih Kesabaran


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Kalau biasanya bikin popcorn ingin cepat jadi maka dengan alat ini Anda justru bisa melatih kesabaran. Sebuah mesin popcorn karya mahasiswa di Swiss ini memperlihatkan proses pembuatan pop corn dengan memasak biji jagung satu per satu!

Alat bernama Oncle Sam ini dibuat oleh mahasiswa dari University of Art and Design Lausanne/ ECAL di Swiss dan menjadi bagian dari pameran Low Key Factory.

Melihat saat ini kehidupan manusia yang serba instan dan cepat, alat ini dihadirkan untuk lebih menghargai proses produksi sebuah makanan. Tema pameran ini adalah ide memperlambat proses produksi yang seringkali kita abaikan di kehidupan sehari-hari, ini, kata pembuat Oncle Sam seperti dikutip dari Huffington Post (08/11/2012)

Alat ini terdiri dari tiga bagian tabung yang berisi garam, jagung, dan minyak. Ketiga tabung ini dihubungkan dan bermuara pada sebuah wadah di tengah. Wadah ini digunakan untuk memasak biji jagung satu per satu.

Untuk memakainya, pertama kali putar sebuah pedal di bawah alat, satu biji jagung akan digiring dengan katrol di bawah tabung menyusul dengan sejumput garam dan minyak ke sebuah wadah pertemuan tiga bahan. Di bawah wadah itu terdapat sebuah lilin yang digunakan untuk memanaskan biji jagung.

Tunggu beberapa detik, proses pembentukan popcorn bisa diamati dalam wadah bening sampai popcorn matang dan siap dimakan. Saat ini, belum ada informasi mengenai harga alat ini. Sebatas hanya dipamerkan di pameran Low Key Factory.

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment