Saturday, November 17, 2012

California Beri Label Khusus Makanan Modifikasi Genetik


odi - detikFood Jakarta - Label makanan tidak hanya perlu untuk info nutrisi tetapi juga proses produksinya. Seperti makanan hasil modifikasi genetik. Tuntutan pencantuman info ini terus dilakukan di Amerika. Karena banyaknya produk beredar hasil modifikasi genetika.

Tahun 2006 Greenpeace, organisasi perlindungan dan pelestarian lingkungan berhasil menuntut pencantuman label makanan modifikasi genetika. Protes pencantuman ini rupanya terus berlangsung hingga saat ini.

Hingga saat ini permintaan pelabelan makanan modifikasis genetik masih gencar dilakukan di California. Aksi protes ini juga dibantu dengan adanya iklan negatif di televisi yang dibayar oleh kalangan bioteknologi dan industri makanan.

Pada minggu sebelumnya sempat dilakukan pemungutan suara dan jajak pendapat hingga menemukan sebuah kesepakatan. California menjadi negara bagian pertama di Amerika yang mencantukan (GMO) (Genetically Modified Organisms) pada semua makanan hasil modifikasi genetika.

Sebenarnya pelabelan makanan ini sudah diwajibkan di Amerika sejak tahun 1997. Namun tahun 1992 FDA (Food and Drug Administration) memutuskan tidak perlu label khusus pada produk makanan olahan. Seperti susu kedelai, sereal dan makanan kemasan lainnya.

Sudah jelas bahwa California adalah pemberi suara terbanyak untuk menemukan hasil musyawarah ini. Selain itu mereka juga menolak kenaikan biaya makanan dengan kekuatan hukum dan birokrasi. jelas Henry I. Miller, seorang juru bicara kampanye ini kepada Los Angeles Times.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment