Wednesday, November 14, 2012

Grilled Salmon Head, Unik dan Asyik!


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Jangan ngaku penggila ikan kalau belum nyicip yang satu ini. Kepala ikan salmon dipanggang kering, gurih dan asyik rasanya. Makin enak dicocol saus shoyu yang pedas-pedas gurih. Suapan nasi pulen hangatpun melengkapi sajian yang unik ini. Mau coba?

Mengunjungi resto Jepang ternyata tak melulu makan sushi ataupun sashimi, masih ada hidangan lain seperti ramen ataupun udon. Sama halnya ketika rekan saya mengajak makan siang di Sushi Joobu, Pesanggrahan siang kemarin. Konon ada makanan Jepang yang enak dan unik!

Suasana nyaman dan sambutan hangat para pelayan langsung bikin perut jadi ingin segera diisi. "Mas, kepala salmonnya ada?" tanya teman saya. Wah, kepala salmon? Jarang sekali saya menemukan resto yang menyediakan kepala ikan salmon. Yang jadi andalan resto ini Grilled Salmon Special. Kalau mau juga tersedia sirip ikan salmon.

Wah, sepertinya saya akan pesta ikan salmon nih! Kepala ikan salmon atau Grilled Salmon Head ini bukan hidangan yang selalu ada karena itu tidak tercantum pada daftar menu. Jadi hanya pelanggan dan penggemar ikan saja yang sering memesannya. Maklum, kepala salmon dan sirip salmon tidak banyak stoknya.

Satu kepala ikan salmon dibelah menjadi dua, ditaburi merica dan garam. Kemudian dimatangkan di atas wajan besi lalu dipanggang dalam oven. Bagian luar kulit kepala ikan ini mengering. Rasanya gurih-gurih manis, karena salmon yang masih segar. Bagian luarnya garing renyah, kres..kres.. hmm..enak! Kepala ikan salmon ini disantap dengan cocolan saus shoyu berwarna merah kecokelatan yang rasanya asam-asam pedas, segar!

Saus ini terbuat dari shoyu, cuka lemon, dan juga gerusan cabai merah kering. Hmm.. tak heran jika rasanya pedas -pedas asam segar. Sangat cocok sekali dengan rasa daging ikan salmon yang garing gurih dan lembut! Makin asyik saat menelusuri daging salmon yang ada di ujung kepala dan di bagian dekat insang yang lembut kenyal.

Berbeda dengan Grilled Salmon Special. Tiga potong daging ikan salmon berukuran sedang berwarna kecokelatan disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan salad sayuran. Rasanya gurih lembut di bagian dalamnya dan bagian luarnya krenyes renyah. Proses pematangan yang tak berlebihan membuat dagingnya tetap lembap berminyak.

Spicy Chicken Ramen yang dipesan teman saya tak kalah menggoda. Disajikan dalam mangkuk berukuran besar. Toppingnya berupa irisan daging ayam yang diselimuti lelehan saus mayo yang cukup royal. Hmm... benar-benar menggoda!

Kuah ramen yang gurih bercampur dengan lelehan mayones membuat rasanya lebih lembut enak dan tidak berlebihan. Potongan daging ayam yang empuk ini terlihat jejak gosong dan aroma sangit karena dibakar. Ramennya kecil lentur lembut. Mulus meluncur di tenggorokan setelah disiram kuah yang gurih-gurih hangat.

Sekali ini saya benar-benar dapat pengalaman menyantap sajian Jepang yang berbeda. Unik dan penuh sensasi. Kalau saja perut tidak kenyang, pasti saya sudah memesan seporsi sirip ikan salmon. Yang sudah terbayang lembut kenyal karena ada di bagian perut ikan salmon. O, ya kalau ingin merasakan menikmati kepala dan sirip ikan salmon, sebaiknya pesan dahulu sebelumnya agar kebagian. Maklum saja penggemarnya cukup banyak!

Sushi Joobu

Jl. Pesanggrhan No.10G

Jakarta Barat

Buka: 11.30 - 22.00 (Weekday)

11.30 - 23.00 (weekend)

Twitter: @sushijoobu

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment